YouTuber Windah Basudara Kumpulkan Donasi Rp 335 Juta untuk “Okkyboy”

idtheftquiz.org/ – YouTuber gaming Brando Franco Windah membuat sesi live streaming khusus pada Selasa (11/10/2022) malam untuk mengajak penontonnya berdonasi membantu biaya pendidikan seorang anak yang kisahnya viral di TikTok.

Melalui saluran YouTubenya, “Windah Basudara”, YouTuber dengan 8,7 juta subscriber ini mengajak Rahmat, anak yang viral di TikTok dan dikenal sebagai “Okkyboy”.

Rahmat atau akrab disapa Amat ini akan menerima hasil donasi untuk membiayai sekolahnya di tengah kesulitan ekonomi keluarganya. Sebagian hasil donasi juga akan diberikan kepada anak lainnya yang membutuhkan.

Donasi untuk pendidikan Amat sendiri diakomodasi , yang awalnya digagas oleh kreator TikTok, Donny Ramadhan.

Kampanye lainnya digelar oleh Yayasan Beasiswa 10.000 melalui platform yang sama, untuk menghimpun donasi pendidikan bagi Amat dan anak membutuhkan lainnya.

Adapun nilai donasi dapat diberikan audiens mulai dari Rp 10.000.

Pantauan KompasTekno, selama 10 menit pertama streaming Windah Basudara, donasi terkumpul sebanyak Rp 5,6 juta. Jumlah itu terus bertambah hingga mencapai 202 juta lebih hanya dalam 1,5 jam streaming berlangsung.

Selama streaming tersebut, Amat diajak untuk memainkan beragam game, mulai dari Hot Wheels Unleashed hingga Tekken 7.

Hingga akhir streaming berlangsung, donasi yang terkumpul mencapai lebih dari Rp 300 juta, lebih tepatnya Rp 335 juta.

“Terimakasih teman-teman yang sudah kasih bantuan sekolahnya saya. Semoga Amat jadi polisi,” kata Amat menyampaikan rasa terima kasihnya kepada penonton YouTube Windah Basudara.

Menurut perwakilan Yayasan Beasiswa 10.000, sebagian dari total donasi akan disalurkan untuk pendidikan Amat hingga ia menempuh pendidikan perguruan tinggi. Selebihnya, dana donasi akan disalurkan untuk anak lain yang membutuhkan.

Laporan terkait penyaluran donasi juga akan diunggah oleh yayasan tersebut melalui platform Kitabisa .com sebagai transparansi.

Meski straming berakhir, masyarakat juga masih bisa berdonasi melalui kampanye “Bantu Pendidikan Amat & Anak Membutuhkan Lainnya serta “Bantu Pendidikan Amat Okkyboy” di Kitabisa.com.

Viral sebagai Okkyboy

Amat sempat viral di media sosial karena video yang menampilkan dirinya tampak lucu. Dalam Amat menggunakan kaos merah bertuliskan “Okky” sehingga ia dijuluki Okkyboy.

Video tersebut terbilang sederhana karena hanya menampilkan interaksi antara Amat dengan seorang pria. Lucunya, pria yang mengajak Amat berbincang menggunakan bahasa yang kurang jelas, sehingga Amat tampak kebingungan, meskipun masih meladeni lawan bicaranya itu.

Video singkat ini viral dan beredar di lintas platform termasuk TikTok maupun Instagram. Akibat video ini, Amat juga sempat dikira sebagai tukang parkir, padahal ia saat itu sedang menunggu ojek online, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari channel Windah Basudara.

Adapun saluran Windah Basudara dikenal dengan konten gamenya. Pembawaannya yang lucu ketika streaming langsung mebuat youtuber ini populer dan meraih banyak subscriber.

Windah juga dikenal sebagai Brand Ambassador dari RRQ E-Sports dan memiliki basis penggemar “bocil kematian”.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment