Xiaomi Setop Dukungan Fitur Pesaing Apple iCloud

idtheftquiz.org/ – >

KOMPAS.com– Pengguna HP Xiaomi tentu tidak asing dengan Xiaomi Cloud . Fitur ini mirip dengan layanan iCloud di produk Apple. Layaknya iCloud, Xiaomi Cloud juga bisa menyinkronkan foto dan video yang tersimpan di galeri ponsel pengguna. Sehingga, file tersebut bisa tersimpan dan diakses lewat Xiaomi Cloud.

Sayangnya dukungan sinkronisasi yang disebut Xiaomi Cloud Gallery Sync itu akan disetop oleh perusahaan.

Dalam situs resminya, Xiaomi mengatakan fitur sinkronisasi galeri (Gallery Sync) tidak akan lagi didukung oleh Xiaomi Cloud. Akan tetapi, Xiaomi tak merinci kapan dukungan tersebut akan dihentikan. Yang jelas, Gallery Sync akan ditutup tahun ini.

Ke depannya, pengguna masih dapat mengakses foto maupun video yang tersimpan di Xiaomi Cloud, namun melalui Google Photos .

“Mulai XX, XX, 2022, fitur Gallery Sync tidak lagi didukung oleh Xiaomi Cloud. Anda akan terus memiliki akses ke foto dan video yang sudah disimpan, karena kami bermitra dengan Google Photos untuk mendukung migrasi dan pencadangan data Anda,” demikian keterangan Xiaomi dikutip KompasTekno dari situs perusahaan, Kamis (13/10/2022).

“XX, XX” itu merujuk pada jadwal penghentian dukungan Gallery Sync oleh Xiaomi Cloud yang masih dirahasiakan.

Tampaknya, Xiaomi bekerja sama dengan Google untuk mendukung migrasi dan pencadangan data.

Adapun Google Photos menawarkan kapasitas penyimpanan cloud gratis sebesar 15 GB yang dapat digunakan bersamaan dengan data dari Gmail dan Google Drive. Pengguna disarankan berlangganan Google One bila kapasitas tersebut tidak memadai untuk menampung data foto dan video dari Xiaomi Cloud.

Bagi pengguna yang sudah berlangganan Xiaomi Cloud, pembayarannya juga akan disetop otomatis pada saat yang sama dengan jawal penghentian Gallery Sync. Selanjutnya, Xiaomi akan memproses pengembalian dana (refund) pelanggan selama beberapa hari.

Bila pengguna tidak ingin migrasi ke Google Photos, mereka bisa mengunduh data di Xiaomi Cloud ke penyimpanan ponsel atau PC.

Xiaomi juga mengatakan migrasi ke Google Photos akan ditutup pada tahun 2023. Pada saat yang sama, opsi unduh data secara offline juga tidak akan lagi tersedia.

Selanjutnya, semua data dari Galeri yang tersimpan di Xiaomi Cloud akan dihapus.

Meski dukungan sinkronisasi foto dan video dari galeri dihentikan, Xiaomi menyatakan bahwa pengguna masih bisa menyinkronkan dan mencadangkan data lainnya seperti data kontak, pesan dan catatan/notes di Xiaomi Cloud.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment