Wapres Ungkap 4 Jurus Tingkatkan Investasi di Tengah Ketidakpastian

idtheftquiz.org/ – Dia menuturkan, terdapat empat strategi yang bisa dijalankan pemangku kepentingan untuk membuat kebijakan soal investasi.

“Pertama, segera tuntaskan berbagai masalah kelembagaan dan regulasi yang menghambat. Saya minta Kementerian Investasi/BKPM memastikan setiap daerah berkonsentrasi pada sektor prioritas yang menjadi keunggulan masing-masing,” ujar Wapres dalam Anugerah Investasi Atas Hasil Penilaian Kinerja PTSP di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Selanjutnya, Wapres meminta Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas dan Kementerian Investasi, serta pemerintah daerah agar membuat peta potensi investasi daerah yang dipandang penting sebagai panduan teknis informasi dan promosi bagi para investor.

“Kedua, buat peta potensi investasi daerah yang komprehensif. Peta potensi ini penting sebagai panduan teknis, informasi, dan promosi bagi para investor,” kata dia.

Wapres juga menekankan pentingnya memperkuat kelembagaan dan tata kelola Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) sebagai garda terdepan dan motor penggerak kemudahan di daerah melalui pemberian izin yang transparan, mudah, dan cepat.

“Ketiga, penguatan komitmen memberikan pelayanan terbaik untuk investasi. Saya berharap gubernur/bupati/wali kota mendukung penguatan kelembagaan, SDM, dan tata kelola Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP),” imbuh dia.

Terakhir, Wapres mengharapkan adanya pemerataan investasi di seluruh lapisan masyarakat sebagai kunci pencapaian kemakmuran bangsa Indonesia.

“Keempat, investasi harus dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat, semua wilayah, dan melibatkan pekerja lokal,” pungkas dia.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment