Tutorial Menggabungkan Video Menggunakan VivaVideo

idtheftquiz.org/ – Pada artikel sebelumnya, Carisinyal membahas tentang tutorial mengedit video menggunakan aplikasi VivaVideo di Android. Kali ini, Carisinyal akan membahas lebih dalam tentang mengedit video dengan cara menggabungkan lebih dari dua video dengan menggunakan aplikasi VivaVideo.

Dengan menggabungkan beberapa video menjadi sebuah video, membuat video tidak monoton. Selain itu, Carisinyal akan memberikan tutorial bagaimana cara menambahkan efek-efek cantik untuk membuat video semakin menarik dan berbeda dari lainnya. Berikut beberapa langkahnya:

Siapkan beberapa video

Untuk tahap pertama sebelum menggabungkan video menjadi satu video saja, Anda harus mempersiapkan video-video yang ingin Anda gunakan. Letakan dalam satu folder yang sama untuk memudahkan Anda pada saat akan memasukan video kedalam aplikasi VivaVideo.

Siapkan konsep

Sebenarnya ini merupakan sebuah langkah pilihan. Anda bisa membuat konsep terlebih dahulu atau tidak membuat konsep. Keunggulan membuat konsep terlebih dahulu, Anda bisa membuat sebuah video seperti membuat storyboard menggunakan gambar dan foto.

Namun, bedanya adalah Anda membuat storyboard bukan dari beberapa gambar/foto melainkan Anda membuatnya dari beberapa video. Kali ini Carisinyal akan memberikan contoh dengan konsep cute romantic.

Masuk ke dalam aplikasi VivaVideo

Langkah berikutnya setelah Anda menyiapkan beberapa video dan menyiapkan sebuah konsep untuk video Anda, maka Anda harus masuk ke dalam aplikasi VivaVideo. Seperti biasa, Anda akan dihadapkan oleh dua pilihan menu yaitu “edit” dan “slideshow.”

Karena disini akan membuat video dengan cara menggabungkan beberapa video, maka pilihlah menu “edit.” Menu “edit” adalah menu untuk mengedit video, sedangkan menu “slideshow” biasanya digunakan untuk membuat storyboard dengan mengandalkan berbagai macam gambar ataupun foto.

Memilih dan memasukan video-video

Setelah Anda memilih beberapa video, carilah folder khusus yang menyimpan beberapa video yang Anda ingin gabungkan untuk membuat sebuah video. Setelah itu, pilihlah video secara berurutan sesuai dengan urutan yang Anda inginkan.

Jika Anda ingin menampilkan video cute untuk tampilan pertama, maka video pertama yang harus dipilih adalah video cute. Begitupun seterusnya, karena ketika Anda memilih video mulai dari video 1, video 2, dan seterusnya maka dalam video gabungan yang pertama kali ditampilkan adalah sesuai dengan urutan video yang Anda pilih.

Jika sebelumnya tutorial mengedit video hanya satu video dan ditandai hanya dengan “1 clip” kali ini Anda bisa memasukan lebih dari satu video. Perhatikan pada bagian kiri terdapat tulisan kecil menunjukan berapa banyak video yang Anda masukan. Kali ini Carisinyal memasukan 10 video, maka akan menunjukan informasi “10 clips.”

Setelah Anda selesai dan cukup untuk memilih video-video yang Anda inginkan tekanlah tombol “done” pada bagian kanan. Menggabungkan video/membuat storyboard dengan menggunakan video tidak seperti membuat storyboard dengan menggunakan gambar yang bisa diatur durasinya.

Jadi, Anda tidak dapat mengatur kecepatan video. Anda tidak dapat memperlambat atau mempercepat durasi pada video seperti membuat sebuah storyboard menggunakan gambar, slideshow.

Memilih dan menambahkan tema

Setelah Anda mengklik “done” pada saat Anda selesai memilih beberapa video, langkah selanjutnya adalah memilih dan dan menambahkan tema agar video Anda semakin terlihat menarik. Ada beberapa tema menarik plus disertakan dengan musik bawaan dari VivaVideo.

Perlu Anda ketahui, jika pada tema tersebut terdapat simbol “gembok” artinya Anda tidak dapat menggunakan tema tersebut dengan menggunakan aplikasi VivaVideo secara gratis. Untuk menggunakan tema yang digembok, Anda harus menggunakan aplikasi VivaVideo Pro atau aplikasi berbayar.

Selain simbol gembok, terdapat juga simbol “panah kebawah” artinya Anda dapat menggunakan tema tersebut, namun Anda harus mendownload temanya terlebih dahulu. Cara mendownloadnya pun mudah, klik pada simbol “panah kebawah” maka tema akan mendownload secara otomatis.

Jika Anda tidak menemukan simbol apapun pada tema, artinya Anda bisa menggunakan tema tersebut secara gratis dan tidak perlu mendownload. Nah, sekarang pilihlah tema untuk video Anda. Ketika Anda sudah memilih tema, maka akan muncul warna oranye pada tema yang Anda pilih.

Selain itu juga, Anda bisa cek apakah tema tersebut cocok atau tidak dengan “play” video Anda. Temukan tema yang paling cocok untuk video Anda dan juga konsep video Anda.

Mengedit musik atau backsound

Mungkin dalam beberapa video Anda memiliki musik atau suara ataupun lagu-lagu. Untuk menghilangkan dan mengedit suara-suara baik di video asli Anda maupun dari tema bawaan Anda bisa memilih menu yang ada di bagian tengah yaitu menu “music.”

    Menghilangkan suara dari video asli

Anda bisa menghilangkan suara dari video asli Anda dengan cara menekan simbol “audio menyala” pada bagian kiri. Tekanlah simbol tersebut sampai muncul tanda silang pada simbol audionya dan akan muncul notifikasi pada bagian atas “original audio in the video is off.”

Untuk menyalakan suara pada video asli Anda, maka tekanlah lagi simbol audionya sampai tanda silangnya hilang. Dalam aplikasi VivaVideo ini tidak dapat menghilangkan sebagian atau hanya salah satu suara dalam video tertentu.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carisinyal.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment