Tiru Twitter, YouTube Pakai Handle “@“ untuk Nama Kanal

idtheftquiz.org/ – Melalui , YouTube mengumumkan fitur handle (@namapengguna) untuk mempermudah konten kreator memperkenalkan kanal (channel) mereka di platform YouTube ataupun media lain, Senin (10/10/2022).

Penggunaan handle pada Youtube ini akan memiliki sistem yang sama seperti platform microblogging, Twitter.

Ketika sebuah channel YouTube memiliki handle, misalnya, @Kompas.com, maka saat handle tersebut diklik, pengguna bakal diarahkan untuk menuju profil/kanal tersebut.

Dalam pengumuman YouTube, fitur handle dapat digunakan untuk berinteraksi dengan penonton di YouTube Shorts, kanal YouTube, deskripsi video, memberi komentar, dan sebagainya.

Kehadiran fitur ini akan mulai digulirkan minggu depan ke seluruh pengguna, alias pengguna biasa ataupun pengguna berbayar secara bertahap. YouTube menegaskan bahwa sebuah akun tidak perlu memiliki batasan jumlah pengikut (subscriber) tertentu untuk memiliki handle.

Namun, perlu dicatat bahwa adanya fitur handle ini tidak akan mengubah nama kanal yang sudah dibuat. Handle atau yang disebut username ini dapat dibuat secara bebas sesuai keinginan kreator ataupun penonton.

“Setiap saluran (kanal) akan memiliki handle yang unik, sehingga memudahkan penggemar untuk menemukan konten serta berinteraksi dengan pembuat konten yang disukai,” tulis YouTube di blog resminya.

Untuk menghindari adanya kesamaan handle di masa mendatang, kanal YouTube yang sudah memiliki alamat web (URL) yang dipersonalisasi akan secara otomatis dijadikan sebagai handle bawaan. Kecuali kreator memilih untuk mengubahnya sendiri.

Dalam laporan yang sama, fitur ini kemungkinan besar akan diluncurkan terlebih dahulu ke konten kreator yang sudah memiliki subscriber yang lebih besar. Tujuannya untuk meninjau kembali seberapa banyak kreator yang ada di YouTube, apakah kanal tersebut aktif/tidak, seberapa banyak subscriber yang dimiliki.

Setelah kreator ataupun penonton memiliki handle yang unik, YouTube akan membuat URL yang sesuai dengan handle yang sudah dibuat. Hal ini ditujukan untuk mempermudah kreator mempromosikan kanal mereka di platform lain.

Kendati begitu, kehadiran fitur handle ini tampaknya bukan lagi sesuatu yang baru. Sebab, platform lain seperti Twitter, Instagram, Telegram, Facebook, TikTok dan lainnya sudah lebih dulu menghadirkan fitur ini.

Hanya saja, handle milik YouTube menawarkan dukungan yang terbatas. Handle dapat digunakan pada judul, deskripsi video, atau kolom komentar saat siaran langsung seperti “@namapengguna” saja.

Di luar itu, penggunaan handle tidak dapat dilakukan, misalnya saat melakukan diskusi. Alternatif lainnya, pengguna bisa membalas komentar dari diskusi tersebut melalui ikon “Reply” dari komentar yang ingin dibalas.

Berdasarkan laporan dari Tech Crunch, perluasan fitur baru yang dilakukan YouTube ini terlihat seperti ingin meniru platform vidoe berdurasi singkat TikTok. Setelah meluncurkan YouTube Shorts yang memiliki resolusi video memanjang (9:16), kini perusahaan kembali meluncurkan fitur handle di platformnya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment