Tidak Perlu ke GraPARI, Ini Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel Secara Online

idtheftquiz.org/ – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Desember 2021 lalu telah mengumumkan tengah melakukan kajian mendalam terkait rencana penghapusan sinyal 3G di Indonesia.

Operator seluler Telkomsel sendiri mengumumkan akan mematikan jaringan 3G secara bertahap mulai tahun 2022. Artinya, seluruh layanan jaringan 3G akan dialihkan ke jaringan 4G LTE mulai tahun ini.

“Tahun ini, Telkomsel akan melakukan percepatan upgrade (peningkatan/pengalihan) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE,” kata Hendri Mulya Syam selaku Direktur Utama Telkomsel dalam sebuah keterangan tertulis, Januari lalu.

Karena itu, Telkomsel mengimbau pelanggan yang masih menggunakan layanan 3G untuk segera beralih ke layanan 4G LTE.

Apabila Anda merupakan salah satu pelanggan Telkomsel yang saat ini masih mengandalkan jaringan 3G untuk terhubung ke internet, ada baiknya untuk segera meukarnya dengan kartu 4G.

Ada beberapa cara untuk menukarkan kartu 3G ke 4G. Selain mendatangi GraPARI, pelanggan Telkomsel juga bisa mengganti kartu 3G ke 4G secara online melalui website, aplikasi MyTelkomsel, Call Center 188, dan media sosial Telkomsel.

Telkomsel juga memberikan bonus kuota internet 4G hingga 30 GB untuk berselancar mengakses berbagai aplikasi, layanan streaming, dan penyimpanan berbasis cloud.

Melansir laman resmi Telkomsel, promo kuota 4G sebesar 15-30 GB ini akan dikenakan biaya Rp 10 saat proses migrasi kartu 3G ke 4G berhasil.

Namun, promo kuota hingga 30 GB ini hanya berlaku bagi pelanggan yang menukar ke kartu 4G dengan masa aktif kurang dari 3 bulan. Program kuota hingga 30 GB untuk migrasi kartu ini akan berlaku hingga 31 Desember 2022.

Untuk pelanggan Telkomsel yang belum melakukan upgrade kartu SIM 3G ke 4G berikut ini KompasTekno merangkum cara ganti kartu Telkomsel online dan mendapatkan kuota internet 4G hingga 30 GB, dilansir dari resmi Telkomsel.

Cara ganti kartu 3G ke 4G Telkomsel secara online melalui website

  • Masuk ke laman melalui browser ponsel Anda (perlu diketahui, pelanggan dapat melakukan upgrade secara online hanya melalui smartphone karena memerlukan upload dokumen berupa foto selfie)
  • Setelah itu masukkan nomor ponsel dan alamat e-mail Anda
  • Selanjutnya Telkomsel akan mengirimkan kode OTP melalui e-mail
  • Masukkan kode OTP
  • Pilih alasan ganti kartu Anda lalu klik “Pilih”
  • Ikuti instruksi selanjutnya hingga selesai

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menggunakan layanan ganti kartu online:

  • Dapat dilakukan oleh pelanggan Telkomsel PraBayar dan Telkomsel Halo
  • Syaratnya, untuk pelanggan Telkomsel Halo, billing sudah terlunasi. Untuk pelanggan Telkomsel PraBayar, tidak melewati masa berlaku atau pada masa tenggang
  • Wajib menyiapkan Kartu Identitas (eKTP / Paspor/ Kitas/ Kitap), Kartu Keluarga, foto diri (selfie bagian wajah), foto diri memegang Kartu Identitas dan alamat e-mail. Foto diri memegang kertas bertuliskan ‘Ganti Kartu’ disertai tanda tangan dan tanggal pemesanan
  • Nomor Telkomsel Anda tidak memiliki layanan perbankan (tidak terhubung dengan digital banking maupun transaksi digital lainnya)
  • Kartu 4G akan dikirim dari GraPARI terdekat dengan lokasi pengiriman yang telah ditentukan pelanggan
  • Biaya Pengiriman kartu ganti dikenakan pada pelanggan dan dibayar di awal
  • Metode pembayaran dapat melalui mitra Telkomsel sesuai dengan pilihan pelanggan
  • Kartu ganti akan dikirim oleh kurir mitra Telkomsel sesuai pilihan pelanggan, waktu pengiriman sesuai dengan layanan yang dipilih pelanggan
  • Proses pergantian kartu memerlukan foto pengguna, maka dari itu ukuran foto yang di-upload tidak melebihi 10 MB per file atau per foto
  • Untuk layanan upgrade 4G, kartu pelanggan tidak dapat digunakan sementara, saat proses pergantian kartu

Kuota hingga 30 GB dari Telkomsel dapat digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi maupun layanan streaming. Bonus ini berlaku 30 hari sejak kartu aktif dan pelanggan dapat menikmati kuota 1 GB per harinya.

Mengapa sinyal 3G di Indonesia dimatikan?

Salah satu alasan utama dimatikannya sinyal 3G di Indonesia adalah agar operator seluler dapat memberikan layanan broadband seluler dan digital yang lebih baik ke pelanggan, yaitu dengan menggunakan jaringan 4G LTE.

Selain itu menurut pengamat telekomunikasi Moch S. Hendrowijono, kemampuan/kapasitas sinyal 3G masih rendah, yaitu sekitaran 2 Mbps dan kecepatan maksimum hingga 14 Mbps saja.

Kemampuan itu lebih rendah dibanding 4G yang secara teknis mampu menghasilkan kecepatan unduh lebih cepat, yakni antara 10 Mbps hingga 1 Gbps.

Selain Telkomsel, operator lain yang mulai migrasi jaringan 3G ke 4G adalah XL, perusahaannya mulai mematikan 3G miliknya dan ditargetkan selesai pada akhir Maret 2022.

Pada operator jaringan Smartfren, pihaknya telah mematikan jaringan 3G sejak 2017 silam. Sedangkan Indosat Ooredoo, masih belum mengumumkan secara resmi rencana pihaknya mematikan layanan 3G secara keseluruhan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment