Temuan Botol Miras di Kanjuruhan Ditepis Komnas HAM, Choirul Anam: Itu Obat Sapi, Dititip UMKM

idtheftquiz.org/ – Temuan diduga botol berisi minuman keras ( miras ) di Stadion Kanjuruhan , Malang , Jawa Timur dibantah Komnas HAM .

Melalui pernyataan Komisioner Komnas HAM Choirul Anam , lembaga tersebut menegaskan tim investigasi telah salah paham.

Dia mengatakan, isi dari botol-botol tersebut bukanlah minuman beralkohol, melainkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ), berupa cairan obat untuk sapi.

“Ya kalau yang dimaksud teman-teman itu soal (botol-botol) yang di kardus, dua kardus itu yang sekarang di Labfor (laboratorium forensik), kami juga menelusurinya,” ujar dia.

Baca Juga: Shin Tae-Yong dan Asnawi Mangkualam Bela Iwan Bule: Dia Masih yang Terbaik untuk PSSI

“Memang itu (produk) UMKM . Semacam UMKM gitu memproduksi untuk pengobatan sapi,” ujar dia yakin, di kantor Komnas HAM , Jakarta Pusat, Rabu, 12 Oktober 2022.

Anam menjelaskan, botol-botol dalam kardus itu memang benar ditemukan di Kantor Dispora, yang merupakan bagian dari stadion Kanjuruhan .Menurutnya, itulah yang menyebabkan polisi mengantongi botol-botol tersebut sebagai temuan dan barang bukti untuk kemudian dianalisis isinya.

Namun, sekali lagi Anam menekankan kandungan botol bukanlah miras seperti yang santer diberitakan belakangan.

Baca Juga: Rizky Billar Ditetapkan Sebagai Tersangka, Polisi: Kita Mengedepankan Keadilan

“Kami ketemu langsung sama pemilik ( UMKM )-nya, kami juga ketemu langsung sama yang bertanggungjawab di (kantor) Dispora itu,” ujar dia.

Lebih lanjut, Anam mengatakan bahwa peletakan botol-botol di kantor Dispora dilatarbelakangi oleh pengembangan usaha UMKM bersangkutan.

Lantaran mendapat pemesanan produk obat sapi ke Jakarta, pemilik UMKM akhirnya menitipkan botol-botol tersebut ke kantor Dispora, supaya kemudian usahanya dapat berkembang.

“Ya itu ada pemesanan. Kata orang Dispora, (barangnya) dititip di sana, katanya yang punya memang nitip karena mau dibawa ke Jakarta, yang penting itu dititip di sana, di Dispora, di kantor Dispora itu bagian dari stadion,” ucap Anam.

Baca Juga: Usut Tuntas Pembunuhan ASN Pemkot Semarang, Tiga TNI Jalani Pemeriksaan

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengkonfirmasi, 46 botol diduga miras telah ditemukan di sekitar lokasi kerusuhan, di Stadion Kanjuruhan , Malang , Jawa Timur .

“Memang ditemukan barang bukti diduga miras sebanyak 46 botol di area stadion,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu, 8 Oktober 2022.

Dedi melanjutkan, menurut dugaan sementara, miras tersebut merupakan jenis minuman beralkohol yang telah dioplos.

Adapun botolnya, kata Dedi berukuran 550 mililiter (ml). “Diduga miras campuran atau biasa disebut oplosan ukuran 550 ml,” ucap dia, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari PMJ News. ***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment