Survei Smart Politic Club Tunjukkan Ridwan Kamil Paling Kompeten

idtheftquiz.org/ – Smart Politic Club dan Poljokes merilis hasil survei terbaru terhadap semtimen netizen media sosial pada pemilihan calon presiden 2024 dan tokoh-tokoh politik yang digadang-gadang akan maju.

Ada delapan tokoh nasional yang masuk dengan penuh pertimbangan dalam survei tersebut. Kedelapan tokoh politik tersebut antara lain Anies Baswedan, Airlangga Hartarto, Agus Harimurti Yudoyono (AHY), Ganjar Pranowo, Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto, Puan Maharani, dan Ridwan Kamil . Survei dilakukan terhadap 2.383 responden pada September 2022 lalu.

Salah satu hasil survei tersebut menyatakan netizen menilai Ridwan Kamil sebagai calon Presiden RI 2024 paling kompeten dan jujur dibandingkan Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Analis Smart Politik Club yang juga asociate profesor Nanyang Technological University (NTU) Singapura Sulfikar Amir menjelaskan, Ridwan Kamil duduk di peringkat pertama dengan survei positif sebanyak 47,32 persen, disusul Anies Baswedan 40,00 persen lalu diikuti Prabowo 16,50 persen dan Ganjar Pranowo 15,56 persen. Sementara AHY, Airlangga, Muhaimin, dan Puan mendapatkan hasil survei negatif tertinggi.

“Ini menarik, empat tokoh positif ini tiga di antaranya kepala daerah, jadi kepala daerah ini bisa menunjukan skill-nya, kalau yang di pusat kan sulit wujud (kompetensi) apa? Begitu juga partai,” ujar Sulfikar dikutip tayangan TotalPolitik.

Hasil survei terkait kejujuran, netizen menganggap Ridwan Kamil sebagai tokoh yang dianggap kejujurannya tinggi. Ridwan Kamil tertinggi positif 43,61 persen.

Kemudian diikuti Anies Baswedan 33,31 persen, Ganjar 93,9 persen lalu Prabowo 5,94 persen dan AHY positif kejujurannya 5,15 persen.

“Ganjar dianggap jujur tapi tidak seperti Ridwan Kamil ,” ujarnya.

Sulfikar menjelaskan aspek kejujuran yang dinilai netizen dalam survei tersebut yakni tokoh tersebut tidak terlibat dalam skandal korupsi, konsistensi antara ucapan, dan tindakan.

“Ini persepsi netizen. (Survei) ini paling tidak ini jadi masukan buat tokoh politik bahwa sentimen netizen di dunia maya seperti ini,” katanya.

Di sisi lain, Sulfikar menuturkan, bahwa survei yang dilakoni oleh lembaga sigi biasanya banyak mengukur elektabilitas dan kesukaan. Tetapi pihak menerapkan dimensi yang berbeda.

“Di survei kami, ada dua dimensi yang diukur mengenai aspek kompetensi dan kejujuran. Hal itu paling penting bagi seorang politik untuk bisa mengelola pemerintahan. Governing skill keterampilan untuk mengelola pemerintah,” katanya.

Menurut Sulfikar, pihaknya dalam survei ini mengukur kualitas dari satu tokoh politik soal kompetensi dan kejujuran.

“Yang kita masukan dua aspek, pertama soal elektabilitas, kedua dia seorang yang memiliki sumber daya politik yang memungkinkan dia masuk dalam pilpres artinya dia elite parpol,” katanya.

Sulfikar mengatakan pihaknya memakai metode klasik analitical hierarki process untuk mengukur aspek kompetensi dan kejujuran para tokoh tersebut.

“Kita mendapatkan satu cara membandingkan satu tokoh dan tokoh yang lain,” ujarnya.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment