Survei: Elektabilitas Anies Baswedan Kalah dari Prabowo, Mantan Menteri Ini Bukan Pilihan Warga Jakarta

idtheftquiz.org/ – Jadi Gubernur DKI Jakarta belum memastikan Anies Baswedan bisa melenggang lebih jauh menjadi presiden RI. Pasalnya, warga Jakarta ternyata tidak sepenuhnya mendukung Anies di Pilpres 2024.

Hal ini terungkap Hal tersebut dilihat dari hasil Survei Political Statistics (Polstat) yang menyebutkan, elektabilitas Gubernur DKI Jakarta itu masih kalah dari kandidat lain.

Hal tersebut dilihat dari hasil Survei Political Statistics (Polstat) yang menyebutkan, elektabilitas Gubernur DKI Jakarta itu masih kalah dari kandidat lain.

Peneliti Polstat, Apna Permana menjelaskan warga Jakarta cenderung memilih Menteri Pertahanan Prabowo Subianto daripada Anies bahkan selisih perolehan keduanya memiliki selisih jauh.

Dalam statistik survei, tercatat yang akan memilih Prabowo Subianto angka mencapai 24,6 persen. Sedangkan untuk Anies Baswedan sebanyak 18,9 persen.

Apna menerangkan, hasil survei Polstat menunjukkan, Prabowo Subianto memiliki pendukung yang banyak baik di tingkat nasional maupun di DKI Jakarta .

“Mengenai elektabilitas capres, Prabowo Subianto bukan hanya kokoh tak tergoyahkan di tingkat nasional, di tingkat DKI Jakarta pun elektabilitasnya terus bertahan di posisi teratas,” kata Apna, seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara, Kamis 13 Oktober 2022.

Kemudian sesuai dengan hasil survei Polstat, posisi ketiga ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 16,1 persen dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di urutan keempat dengan 10,1 persen.

Selanjutnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti menyusul dengan perolehan 4,3 persen. Lalu ada juga nama Sandiaga Uno 3,4 persen berlanjut di bawahnya diisi nama Erick Tohir 2,4 persen.

Apna berpendapat angka tersebut menunjukkan bahwa warga Jakarta masih menginginkan Anies Baswedan untuk meneruskan kepemimpinannya daripada mengurus menjadi calon Presiden.

“Data tersebut menegaskan, bagian terbesar warga Jakarta menginginkan Anies melanjutkan tugas sebagai Gubernur DKI satu periode lagi,” tuturnya

“Dan tidak berhenti di tengah jalan, ketika masih banyak masalah yang belum terselesaikan,” tuturnya menambahkan.

Survei tersebut digelar pada tanggal 1 sampai 10 Oktober dengan melibatkan 830 warga DKI di enam Wilayah yang telah memiliki hak pilih sebagai teknik pengambilan sampel menggunakan metode “multistage random sampling”.

Artinya dengan melakukan wawancara tatap muka kepada para responden menggunakan kuesioner yang sudah ditetapkan. Adapun batas kesalahan (margin of error) survei tersebut sekitar 3,4 persen pada tingkat kepercayaan (level of confidence) 95 persen.

Sebagai informasi, Anies Baswedan beberapa waktu lalu menyatakan siap maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024 dan diusung oleh Partai Nasdem. Meski begitu, belum menentukan siapa yang akan menjadi cawapres-nya.

Begitupun dengan Prabowo Subianto, sebelumnya juga sudah lebih dulu mengumumkan keinginannya maju menjadi capres pada Pemilu 2024 saat dalam suasana Rapat Pimpinan Nasional Partai Gerindra 2022 di Sentul International Convention Center, Bogor, Agustus 2022 lalu.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment