Sumbar siapkan bumbu rendang hingga kopi untuk dipamerkan di Norwegia

idtheftquiz.org/ – Sejumlah produk unggulan dari Sumatera Barat seperti bumbu rendang, cokelat, kopi dan kerajinan akan dipamerkan dalam pameran pariwisata dan kuliner di Norwegia pada Februari 2023.

“Tiga produk masing-masing bumbu rendang, cokelat, dan kopi sudah ditetapkan. Kita juga akan siapkan beberapa pendamping seperti rempah dan kerajinan untuk dipamerkan di Norwegia,” kata Gubernur SumbarMahyeldi di Padang, Sumbar, Selasa.

Ia mengatakan pameran produk itu merupakan kesempatan besar bagi Sumbar untuk bisa lebih dikenal di Eropa. Dengan demikian, diharapkan akan banyak yang tertarik dan berkunjung langsung ke Sumbar.

Apalagi, Sumbar telah mencanangkan gerakan Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) pada 2023 dengan target meningkatnya kunjungan wisatawan Nusantara maupun asing ke wilayahnya.

Mahyeldi menyebut peran perantau sangat besar dalam memperkenalkan potensi daerah di luar negeri. Keikutsertaan produk unggulan Sumbar dalam pameran di Norwegia juga tidak lepas dari peran salah seorang perantau asal Pariaman di Eropa yaitu Emmy Jorgensen.

“Kita sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada para perantau Minang yang memainkan peran yang sangat luar biasa untuk memperkenalkan Sumbar di luar negeri,” ujarnya.

Emmy Jorgensen mengatakan sejak lagu nasi padang oleh Audun Kvitland viral pada 2017, rasa ingin tahu tentang nasi padang dan Minangkabau secara umum di Norwegiasangat tinggi. Namun, informasi tentang itu masih sangat minim.

“Karena itu, saya sebagai orang Minangkabau sangat ingin sekali mempromosikan ini. Setiap produk yang kita tawarkan di sana dilengkapi QR code. Jadi, setiap orang Norwegia tanya tentang Padang, Sumbar, atau Minangkabau, bisa langsung mengetahuinya melalui QR code,” ujarnya.

Saat ini,Emmy juga sedang menyiapkan pendirian rumah makan padang di Norwegia, termasuk menyediakan menu nasi padang di berbagai restoran di Norwegia.

Karena itu, ia bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumbar tengah menyiapkan program magang selama lima bulan bagi 100 orang di Norwegia dan negara-negara lain di Skandinavia dan Eropa.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment