Stok darah di PMI Jakbar cukup untuk antisipasi DBD

idtheftquiz.org/ – Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Barat mengungkapkan stok darah cukup untuk mengantisipasi merebaknya demam berdarah dengue (DBD) di wilayah tersebut.

PMI Jakarta Barat bersiaga mengingat saat ini DKI memasuki musim hujan yang berpotensi menimbulkanDBDdi masyarakat.

“Saat ini perolehan darah per bulan kita sudah melebihi cukup. Sudah mencapai 3.500 sampai 4.000 kantong,” kata Ketua PMI Jakarta Barat, Becky Mardani saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Becky mengatakan, stok darah sudah mulai membaik sejak Juni 2022. Sebelum Juni lalu stok darah hanya mencapai 2.000 sampai 3.000 kantong per bulannya.

Mayoritas golongan darah yang dimiliki bank darah PMI adalah O. “Paling banyak O karena O bisa sembarang (didonorkan) kemana-mana,” katadia.

Walau stok darah sudah meningkat, Becky mengaku sejauh ini belum ada permintaan dari pihak rumah sakit untuk kebutuhan penangananDBD. “Sejauh ini baru kebutuhan donor saja dan untuk operasi di rumah sakit,” kata dia.

Sebelumnya, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Erizon Safari menyebutka, data kasus DBD di wilayahnya menurun sejak beberapa bulan lalu.

Ia menjelaskan, pada April 2022 tercatat 270 kasus DBD di wilayah Jakarta Barat (Jakbar). Di Mei dan Juni, jumlah kasus menurun menjadi 227 dan 205.

Namun demikian, peningkatan mulai terjadi pada Juli yakni sebanyak 243 kasus. Setelah itu, di Agustus kasus kembali menurun ke 145 hingga akhirnya pada September 2022 jumlah kasus DBD hanya dua saja.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment