Sering Diabaikan, Ini Manfaat Cek Mutasi Rekening Secara Rutin

idtheftquiz.org/ – Mutasi rekening adalah kumpulan riwayat dari transaksi yang terjadi di rekening kamu, bisa berupa aliran dana yang masuk ke rekening maupun dana yang keluar dari rekening tersebut.

Tak hanya melihat semua riwayat atau catatan yang berhubungan dengan transaksi keuangan, mutasi rekening yang juga sering disebut sebagai rekening koran ini punya beberapa manfaat. Apa saja? Ini dia, mengutip dari laman CIMB Niaga.

1. Bukti transaksi

Mutasi rekening bisa dijadikan bukti transaksi finansial untuk meminimalisir setiap kesalahpahaman yang menjadi perselisihan dengan pihak lain. Misalnya, saat kamu membeli barang secara online dan diwajibkan untuk membayar sejumlah uang, sebagai bukti bahwa kamu telah membayar, maka mutasi rekening bisa dijadikan bukti tersebut.

2. Syarat pengajuan

Mutasi rekening juga bisa dijadikan sebagai syarat pengajuan, baik itu pengajuan visa atau pengajuan pinjaman tertentu. Biasanya ada beberapa negara yang mengharuskan pendatang dari luar negeri untuk menunjukkan riwayat transaksi selama 3 bulan terakhir sebagai syarat untuk mendapatkan visa. Selain itu, mutasi rekening juga bisa dijadikan sebagai syarat pengajuan kredit atau pinjaman, seperti mengajukan KPR, kredit mobil, dan lain sebagainya.

3. Mengantisipasi adanya transaksi mencurigakan

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment