Rupiah Ambruk Harga Laptop Makin Mahal, Naik Rp 1 Juta!

idtheftquiz.org/ – Rupiah yang melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dalam beberapa waktu terakhir memberikan dampak terhadap harga barang elektronik, seperti laptop. Harga laptop kini menjadi lebih mahal.

CNBC Indonesia, Rabu (12/10/2022) menelusuri beberapa gerai di ITC Kuningan, Jakarta. Terpantau harga laptop alami kenaikan, mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 1.000.0000 sesuai spesifikasi dan merek.

“Harga kita beli naik si akhir-akhir ini karena ditentukan suppliernya. Tapi naiknya pelan-pelan mengikuti dolar yang naik pelan-pelan juga kan,” kata salah seorang penjual.

Kenaikan sebesar Rp 300.000 diberlakukan pada laptop tipe rendah, kemudian Rp 500.000 – Rp 700.000 untuk tipe menengah dan Rp 1.000.000 pada tipe tinggi. Perubahan harga tidak bisa dihindari, sebab mengikuti pemasok, terutama yang berasal dari China.

“Kebanyakan China si, tapi kan China ngikutin harga global ya jadi pasti naik juga,” imbuhnya.

Akan tetapi ini hanya terjadi pada produk baru. Produk lama masih dikenakan harga lama agar konsumen tidak merasa terbebani. Situasi ini akhirnya berimbas tehadap penjualan.

“Bulan ini walaupun baru sekitar seminggu lebih ya sudah kerasa banget si penurunannya,” terang penjual yang enggan disebutkan namanya tersebut.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment