Review TWS Oppo Enco Buds 2, Enak Dipakai dengar Podcast dan Musik Akustik

idtheftquiz.org/ – Oppo Enco Buds 2 merupakan earphone True Wireless Stereo ( TWS ) terbaru Oppo yang dipasarkan di Indonesia belum lama ini.

TWS yang dibanderol dengan harga Rp 399.000 itu dibekali sejumlah fitur audio yang menarik, salah satunya adalah Enco Live yang bisa menyesuaikan efek output suara yang didengar pengguna.

Untuk menguji fitur ini begitu juga kebolehan Enco Buds 2 secara keseluruhan, kami menjajal TWS tersebut selama berhari-hari menggunakan ponsel terbaru Oppo Reno 8 Z 5G .

Namun, sebelum mencoba fitur-fitur TWS ini pengguna tentunya harus menyambungkan Enco Buds 2 dengan Oppo Reno 8 Z 5G terlebih dahulu melalui fitur Bluetooth.

Cara menyambungkan TWS tersebut dengan salah satu HP terbaru Oppo itu terbilang cukup mudah. Pengguna bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka penutup TWS Enco Buds 2.
  • Kemudian nyalakan koneksi Bluetooth pada HP Oppo.
  • Akses menu “Settings/Pengaturan” > “Bluetooth”.
  • Pilih opsi “Oppo Enco Buds2”.
  • Pada notifikasi yang muncul, klik tombol “Connect”.
  • Terakhir, tekan opsi “Done” untuk bisa langsung menggunakan TWS Enco Buds2.

Langkah-langkah di atas cukup dilakukan sekali saja. Untuk pemakaian berikutnya, pengguna hanya perlu menyalakan koneksi Bluetooth di Oppo Reno 8 Z 5G, dan TWS Enco Buds 2 akan secara otomatis terhubung dengan smartphone.

Enco Buds 2 cocok untuk dengar podcast dan musik akustik

Lantas, bagaimana pengalaman memakai TWS Oppo Enco Buds 2?

Ketika dipakai untuk mendengarkan podcast di Spotify, suara penyiar terdengar sangat jelas dan nyaman didengar.

Hal yang sama juga terdengar ketika kami menggunakan TWS tersebut untuk menikmati musik akustik. Sebab, alunan suara penyanyi dan iringan gitar cukup enak didengar dan bisa dibilang cukup menenangkan pikiran.

Nah, untuk mendengarkan musik dengan efek yang lebih bagus dan jernih, kami turut mengaktifkan fitur Enco Live di Enco Buds 2.

Melalui fitur ini, pengguna bisa memilih preferensi keluaran suara dengan bass yang lebih mendalam atau audio vokal yang jernih.

Fitur Enco Live Enco Buds 2 bisa diakses dengan mudah di Oppo Reno 8 Z 5G melalui langkah-langkah berikut ini:

  • Buka HP Oppo Reno 8 Z 5G Anda.
  • Akses menu “Settings/Pengaturan” > “Bluetooth”.
  • Pilih “Oppo Enco Buds2” > “Earbuds functions”.
  • Tekan opsi “Enco Live sound effects”.
  • Anda dapat memilih opsi “Bass boost” jika ingin mendengarkan lagu Rock yang memiliki karakter suara bass yang mendominasi.
  • Sebaliknya, opsi “Clear vocal” bisa dipilih untuk menonjolkan suara vokal dari lagu-lagu populer.

Beda Bass Bost dan Clear Vocal

Pada saat opsi Bass Boost dipilih, efek bass dari lagu pop Rumah Singgah yang dinyanyikan Fabio Asher terdengar cukup baik.

Selain itu, suara Fabio juga terdengar jelas dan tidak tumpang tindih dengan suara instrumen.

Meski demikian ketika mendengarkan lagu rock macam Sleepwalking yang dibawakan Bring Me The Horizon, suara penyanyi akan lebih kecil dibanding suara instrumen musik gitar, drum, bass, dan lain sebagainya yang ada di dalam lagu.

Kami pun mencoba mendengarkan opsi Clear Vocal pada menu pengaturan Enco Live untuk mendengarkan lagu dangdut berjudul Satru 2 yang dinyanyikan Denny Caknan.

Hasilnya, suara Denny terdengar cukup nyaman didengar dan terasa jelas. Meski demikian, efek “nendang” dari instrumen gendang dan bass akan kurang begitu terasa.

Sebab, musik-musik yang didominasi dengan efek isntrumen gendang atau bass biasanya akan terdengar lebih mantap apabila pengguna memakai efek Bass Boost.

Sedangkan opsi Clear Vocal di Enco Live bisa dibilang cocok untuk musik yang didominasi oleh suara penyanyi seperti lagu-lagu akustik atau podcast.

Tertarik menjajal Enco Buds 2 yang dibekali dengan Enco Live? TWS ini sudah bisa dibeli di sejumlah toko offline dan online mitra Oppo di Indonesia dengan harga Rp 399.000.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment