Qualcomm Rilis Snapdragon XR2 Plus Gen 1, Chip untuk Perangkat VR

idtheftquiz.org/ – Qualcomm baru-baru ini merilis chipset terbarunya, yakni Snapdragon XR2 Plus Gen 1 . Chip tersebut hadir bersamaan dengan headset Virtual Reality (VR) Quest Pro yang dirilis Meta.

Sebagai chip baru, Snapdragon XR2 Plus Gen 1 menawarkan sejumlah kemampuan mumpuni, mulai dari latensi yang rendah hingga dukungan video berkualitas tinggi.

Menurut Qualcomm, Snapdragon XR2 Plus Gen 1 hadir dengan dukungan pemrosesan gambar dengan latensi kurang dari 10 milidetik, sehingga mampu menunjang konten Mixed Reality (MR).

Chip itu juga mampu mengakomodasi video 360 derajat berkualitas 8K pada 60 fps.

Qualcomm mengatakan, chip ini dibekali teknologi pelacak kepala, tangan, dan pengendali (controller) perangkat, rekonstruksi 3D, pemetaan ruang otomatis serta kerapatan piksel yang tinggi.

Snapdragon XR2 Plus Gen 1 sendiri merupakan suksesor dari XR2 Gen 1 yang dirilis Qualcomm pada tahun 2019.

Menurut Qualcomm, dibanding pendahulunya, Snapdragon XR2 Plus menawarkan peningkatan kinerja termal hingga 30 persen dan peningkatan daya hingga 50 persen.

Perusahaan semikonduktor ini juga mengeklaim bahwa beberapa vendor akan meluncurkan perangkat yang ditenagai chip Snapdragon XR2 Plus akhir tahun ini.

Jadi, selain di Quest Pro besutan Meta, Snapdragon XR2 Plus Gen 1 juga akan segera hadir di perangkat lainnya dalam waktu dekat.

“Sejumlah OEM sudah berkomitmen untuk menjual perangkat yang ditenagai oleh Snapdragon XR2 Plus yang akan diumumkan akhir tahun 2022,” kata Qualcomm dikutip KompasTekno dari situs resmi Qualcomm, Jumat (14/10/2022).

Controller Quest Pro pakai Snapdragon 662

Meski perangkat utama Quest Pro menggunakan chipset Snapdragon XR2 Plus Gen 1, controller-nya ditenagai chip Snapdragon 662. Chip ini bertugas menopang berbagai tugas seperti melacak posisi hingga gerakan pengguna.

Qualcomm mengeklaim dukungan chip tersebut memberikan latensi yang rendah ke headset. Jadi, komunikasi antara controller dengan headset VR Meta itu akan berjalan dengan cepat.

Selain chip tersebut, Meta Quest Pro juga dibekali dengan RAM 12 GB, penyimpanan 256 GB serta 10 sensor beresolusi tinggi. Sensor tersebut lima di antaranya dipasang di dalam headset dan sisanya di luar perangkat guna menunjang pengalaman yang mulus.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment