Polri Periksa 22 Saksi Terkait Jet Pribadi Petinggi Propam Brigjen Hendra Kurniawan

idtheftquiz.org/ – Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri menyatakan telah melakukan pemeriksaan terhadap 22 orang saksi terkait kasus dugaan korupsi penggunaan pesawat jet pribadi yang dilakukan eks Karo Paminal Div Propam Polri Brigjen Hendra Kurniawan .

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan puluhan saksi yang diperiksa itu meliputi 8 anggota Polri dan 14 lainnya pihak aviasi.

“Jumlah saksi yang dimintai keterangan sebanyak 22 orang,” kata Ramadhan dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 11 Oktober 2022.

Namun demikian Ramadhan tak merinci apa yang menjadi poin penting dari hasil pemeriksaan tersebut.

Kata dia, selain memeriksa para saksi penyidik juga telah mengamankan sejumlah barang bukti untuk dilakukan pendalaman lebih lanjut.

“Barang bukti yang menjadi objek penyelidikan sebanyak 15 lembar/eksemplar dokumen terkait penggunaan pesawat Jet T7/JAB,” tuturnya.

Ke depan lanjutnya, penyidik akan melakukan permintaan keterangan tambahan dari para saksi lainnya serta mengumpulkan dokumen tambahan.

Sebagaimana diketahui penyelidikan mengenai penggunaan jet pribadi itu berdasarkan laporan LI/27/IX/2022/Tipidkor, tanggal 22 September 2022.

Penyelidikan dilakukan terkait dugaan tindak pidana korupsi berupa pemberian dan penerimaan hadiah atau janji kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara atas penggunaan pesawat Jet T7/JAB dari Jakarta ke Jambi dan dari Jambi ke Jakarta yang dilakukan pada tanggal 11 Juli 2022.

Adapun persangkaan dalam perkara itu adalah Pasal 5 Ayat (1) huruf a atau huruf b dan Pasal 5 Ayat (2), Pasal 11 dan Pasal 13 atau Pasal 12 huruf a dan huruf b Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-uandang Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) Ke – 1 KUHP.

Dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 20 tahun dan denda paling banyak Rp 1 Miliar.

Sebelumnya Bareskrim Polri mengklaim telah memeriksa Hendra pada 7 Oktober 2022 lalu di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Namun hingga kini belum ada hasil yang diumumkan dari pemeriksaan tersebut.

Hendra diketahui menggunakan jet pribadi dengan Kombes Agus Nurpatria, Kombes Susanto, AKP Rifazal Samual Bripda Fernanda, Briptu Sigit, Briptu Putu dan Briptu Mika.

Penggunaan jet pribadi itu untuk berangkat ke kediaman keluarga Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J korban pembunuhan dengan tersangka Ferdy Sambo.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment