Pemkot Medan raih penghargaan Anugerah Layanan Investasi 2022

idtheftquiz.org/ – Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, meraih penghargaan terbaik kedua Anugerah Layanan Investasi (ALI) 2022 dalam kategori pemerintah kota yang diselenggarakan Kementerian Investasi/BKPM.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution di Jakarta, Rabu, mengatakan penghargaan ini menjadi salah satu pencapaian dan pengakuan nasional terhadap kinerja penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP).

“Kita terbaik kedua atas hasil penilaian kinerja penyelenggaraan PTSP, dan kinerja percepatan pelaksanaan berusaha Pemkot Medan sekaligus wujud kolaborasi selama ini,” terang Bobby dalam keterangan tertulis.

Kedua kinerja itu, lanjut dia, menjadi bukti kolaborasi nyata seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkot Medan melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Medan.

Wali kota mengaku sebelum menerima penghargaan ini, ada rangkaian penilaian kinerja telah berlangsung sejak Mei hingga September 2022 dengan tahapan penilaian mandiri oleh pemerintah daerah.

Kemudian verifikasi dokumen dan lapangan oleh Kementerian Investasi/BKPM, rekapitulasi hasil dan penetapan nomine, uji petik nomine dan penetapan pemerintah daerah terbaik.

Yang menjadi subjek penilaian oleh Kementerian Investasi/BKPM sebanyak 17 kementerian negara lembaga, 34 provinsi, 416 kabupaten, dan 98 kota se Indonesia.

Pemkot Medan sendiri telah melakukan banyak terobosan perbaikan iklim investasi, di antaranya meningkatkan peluang investasi, pemberian insentif dan kemudahan berusaha, sehingga nantinya Kota Medan menjadi tujuan investasi terbaik di Indonesia.

Selain itu, DPMPTSP Kota Medan juga telah mengembangkan aplikasi perizinan terpadu melayani secara terdepan (SIPANDU MEDAN) sebagai aplikasi perizinan non berusaha dan merupakan sistem pendukung OSS.

Diketahui, pemberian penghargaan ini disampaikan langsung Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution yang baru pertama sekali diraih Pemkot Medan sejak ALI digelar di Hotel Fairmont Jakarta, Rabu (12/10).

“Semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi Pemkot Medan, terkhusus DPMPTSP Kota Medan untuk terus meningkatkan kualitas kinerjanya di masa akan datang,” kata Wali Kota Bobby.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment