Pemkot Jakbar edukasi ratusan sekolah untuk antisipasi perundungan

idtheftquiz.org/ – Pemerintah kota Jakarta Barat mengedukasi ratusan sekolah untuk mengantisipasi perundungan (bulying) dan kekerasan seksual di lingkungan pendidikan di wilayah tersebut.

“Barusan kita sosialisasikan itu hampir ke-445 sekolah di semua jenjang di Jakarta Barat, kita sosialisasikan secara virtual,” kata Kepala Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakarta Barat, Sikah Winarnisaat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Sikah mengatakan, hal tersebut dilakukan agar para guru bisa mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya perundungan dan kekerasan seksual.

Menurut Sikah, ada beberapa hal yang menyebabkan banyak anak sekolah menjadi korban perundungan. Salah satunya korban perundungan yang enggan melapor ke guru.

Karena banyak anak yang takut dan malu, siswa pun tidak segan melanjutkan aktivitas perundungan tersebut ke siswa lainnya.

Dalam kondisi inilah, kata Sikah, seorang guru harus hadir sebagai sosok tempat pengaduan para siswa.

Guru bukan sekadar menjadi guru saja, tetapi juga harus menjadi teman sebaya kepada anak-anak. “Kemudian guru juga mampu mengerti tentang bagaimana mencegah kekerasan terhadap anak,” kata dia.

Selain itu, guru harus mengawasi aktivitas anak-anak di dalam sekolah selama kegiatan belajar-mengajar berlangsung.

Guru juga harus mengawasi semua pergerakan siswa agar aksi perundungan dan kekerasan seksual tidak terjadi.

Dengan upaya tersebut, Sikah berharap perundungan dan kekerasan seksual di lingkungan sekolah bisa dicegah sejak dini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment