Pemerintah Sebut Indonesia Bisa Segera Akhiri Pandemi, jika Covid-19 Landai Sampai Februari 2023

idtheftquiz.org/ – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia bisa segera lepas dari status pandemi .

Namun, menurut Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) luar Jawa-Bali itu, hal tersebut dapat terjadi jika sampai Februari 2023 kasus Covid-19 di Tanah Air terpantau landai.

“Kalau kita bisa jaga di bulan Februari (2023) kasusnya landai maka kita bisa lepas dari pandemi Covid-19 ini,” ujar Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (11/10/2022).

Pada Selasa, dirinya dan menteri terkait melaporkan perkembangan kondisi Covid-19 di Indonesia kepada Presiden Jokowi.

Airlangga mengungkapkan bahwa secara keseluruhan dalam enam bulan terakhir perkembangan kasusnya sudah mulai melandai.

Untuk kasus konfirmasi Covid-19 harian secara nasional atau seven days moving average Indonesia berada di angka 1.195.

“Sehingga relatif rendah. Dan berdasarkan data Rt (reproduksi efektif) kita bisa mencapai kurang dari 1 dalam tiga bulan terakhir,” lanjut Airlangga.

Dia pun menuturkan selama enam bulan terakhir ini perkembangan kasus positif Covid-19 juga relatif landai.

Melihat perkembangan data yang ada, kata Airlangga, Presiden Jokowi meminta PPKM dievaluasi sampai dengan akhir Oktober ini.

“Dan akhir bulan depan nanti akan ditentukan terkait pelaksanaan PPKM ke depan. Disertai catatan bahwa booster atau vaksinasi di-ekstensifikasikan di bulan November, Desember dan Januari,” tambahnya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, status pandemi Covid-19 masih terus dievaluasi oleh badan kesehatan dunia (WHO).

WHO melakukan evaluasi atas public health emergency of International concern setiap tiga bulan sekali.

“Saya lupa terakhir kapan dilakukannya sekitar dua bulan yang lalu nanti mereka akan mereview statusnya seperti apa. Tapi kembali lagi status pandemi istilahnya PHEC akan menentukan di rapat tiga bulanan akan update lagi,” tambahnya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment