PARA Syndicate sebut Pj Gubernur DKI Jakarta harus netral

idtheftquiz.org/ – PARA Syndicatemenyebutpenjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta yang akan mengisi kekosongan hingga Pemilu 2024 haruslah sosok yang netraldalam artibebas dari keberpihakan dan aliansi politik.

“Pj Gubernur DKI Jakarta harus bisa menjadi penengah untuk menyatukan dua kelompok yang terpisah akibat polarisasi politik,” kataDirektur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyodi Jakarta, Senin, dalam diskusi media yang membahas kriteria ideal Gubernur DKI Jakarta.

Ari mengatakan kriteria Pj Gubernur DKI Jakarta akan disampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri RI, tim penilai akhir, dan Presiden RI.

Menurut Ari selain netral, kriteria lain PJ Gubernur DKI Jakarta juga harus memilikiintegritas seperti misalnya memiliki rekam jejak yang bebas dari korupsi atau praktik korupsi dan juga memiliki komitmen kebangsaan yang kuat.

Untuk kriteria ketiga Ari menyebut harus profesionalyaitu Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kompeten serta memiliki kapasitas dalam segi keilmuan dan pengalaman dalam mengurus pemerintahan.

Keempat adalah kemampuan legislasi, karena akan dibutuhkan revisi undang-undang terkait status otonomi Jakarta setelah tidak lagi menjadi ibukota negara, diharapkan Pj Gubernur nantinya memahami hukum tata negara.

Terakhir Ari menyebut soal kecakapan dalam komunikasi publik, untuk dapat membuka dialog yang luas kepada semua stakeholder yang ada di DKI, memiliki relasi yang baik dan pengalaman mengelola komunikasi publik secara internal dengan pemerintah pusat, kementerian dan Lembaga dan eksternal dengan media, publik dan masyarakat luas.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment