Pangeran Arab Saudi Diam-Diam Punya Lukisan Yesus Rp 6,9 T

idtheftquiz.org/ – Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed Bin Salman (MBS), dikabarkan memiliki koleksi sebuah lukisan antik yang menggambarkan Yesus Kristus. Lukisan itu ia beli pada 2017 lalu dalam sebuah lelang di New York.

Dalam informasi Middle East Monitor, lukisan bernama Salvator Mundi itu dibeli dengan harga US$ 450 juta atau setara Rp 6,9 triliun. Nilai antik dan mahalnya lukisan itu didasari pembuatannya yang dilukis oleh pelukis terkenal abad 15, Leonardo Da Vinci.

Pembeli lukisan itu sendiri disebutkan sebagai salah satu pangeran Arab Saudi. Media itu menulis bahwa pangeran itu merupakan perpanjangan tangan dari Putra Mahkota MBS. Sejauh ini, Riyadh tidak pernah mengkonfirmasi atau menolak laporan itu.

“Pada saat itu, lukisan itu dijual oleh rumah lelang Christie sebagai karya yang sepenuhnya diautentikasi oleh polymath renaisans Italia,” tulis laporan media pada 2019 lalu itu dikutip Jumat, (14/10/2022).

Meski begitu, beberapa kontroversi terkait lukisan ini pun muncul. Sejumlah laporan menyebut lukisan ini bukanlah karya Leonardo Da Vinci secara pribadi.

Kurator dari Prado menyatakan lukisan itu kemungkinan besar berasal dari sebuah bengkel lukis yang disupervisi langsung oleh Da Vinci. Pasalnya, kualitas pelukisan dalam lukisan itu buruk.

“Diharapkan bahwa tampilan permanen karya tersebut di masa depan akan memungkinkannya untuk dianalisis kembali dengan objektivitas yang lebih besar,” terang kurator retrospektif di Musée du Louvre, Vincent Delieuvin.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment