OK Google Error, Ini Cara Mengatasinya

idtheftquiz.org/ – Google Assistant merupakan sebuah aplikasi asisten virtual yang dapat diperintah dengan mengucap “Hey Google” atau “OK Google”.

Ketika kalimat “ajaib” itu disebutkan, Google Assistant dapat melakukan berbagai macam hal, mulai dari membuka aplikasi, memutar musik, membuka rute jalan, menelepon seseorang, membuat pengingat, hingga mengirim e-mail.

Namun bagaimana jika Google Assistant tidak bisa digunakan secara semestinya, lantaran aplikasi bikinan Google tersebut tidak dapat mengenali perintah “Hey Google” atau “OK Google”.

Tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi “OK Google” yang eror.

Nah, cara mengatasi Google Assistant yang eror bisa disimak sebagai berikut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Senin (17/10/2022).

Cek pilihan bahasa

Ada kemungkinan Google Assistant tidak bisa berfungsi karena aplikasi ini tidak mengenali bahasa yang diucapkan oleh pengguna. Untuk itu, ada baiknya jika Anda mengubah pengaturan bahasa terlebih dahulu.

  • Buka aplikasi Google Assistant dan klik ikon Profil.
  • Pilih opsi “Languages”.
  • Tentukan bahasa yang diinginkan.

Pastikan perintah OK Google telah aktif

  • Buka aplikasi Google Assistant dan klik ikon Profil.
  • Pilih menu “Hey Google & Voice Match”.
  • Aktifkan opsi “Hey Google”.
  • Anda juga dapat menekan opsi “Voice Model” untuk merekam suara sehingga Google Assistant dapat dengan mudah mengenali suara Anda.

Non-aktifkan fitur Battery Saver/Penghemat daya

Fitur Battery Saver mampu mengurangi pemakaian daya baterai dengan membatasi kinerja dan fungsi aplikasi lain yang tidak penting.

Ketika fitur ini diaktifkan, ada kemungkinan aplikasi Google Assistant akan ditutup untuk menghemat penggunaan baterai.

Alhasil, Google Assistant tidak akan muncul meski pengguna sudah mengucapkan perintah “Hey Google” atau “OK Google”.

Untuk menonaktifkan fitur Battery Saver, silakan akses menu “Settings/Pengaturan” > “Battery/Baterai” > “Battery Saver/Penghemat baterai”.

Update aplikasi Google Assistant

Bug bisa menyebabkan aplikasi Google Assistant tidak dapat bekerja secara semestinya. Untuk memperbaiki hal ini, Anda dapat mencoba memperbarui aplikasi Google Assistant melalui .

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment