Menteri PUPR Sorot 7 Aspek Penting Stadion Kanjuruhan, 3 Diantaranya Terkait Kematian Supporter?

idtheftquiz.org/ – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) Basuki Hadimuljono menyorot hasil pemeriksaan soal Stadion Kanjuruhan , di Malang Jawa Timur.

Basuki dalam keterangannya menjelaskan akan ada audit dan renovasi yang diadakan pada Stadion Kanjuruhan dalam waktu dekat.

Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa ada 7 hal diungkap hasil diaduit dari markas tim berjuluk Singo Edan tersebut.

3 diantaranya bahkan berkaitan langsung dengan musibah yang menewaskan 131 orang Supporter pada awal Oktober 2022 kemarin.

Saat diwawancarai tim Pikiran-Rakyat.com di Sirkuit Mandalika saat pembukaan event Shell Eco-Maraton, Kamis, 13 Oktober 2022, Basuki menyatakan tiga aspek penting Stadion Kanjuruhan yang berkaitan dengan musibah ialah soal teknis bangunannya.

“Jadi hasilnya ada tujuh kriteria audinya, di mana yang tiga berhubungan langsung dengan musibah. Yaitu aspek bangunannya,” kata Menteri PUPR menjelaskan.

Nomor satu adalah soal tangga Stadion Kanjuruhan , yang pernah disorot oleh banyak pihak salah satunya Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Jadi ada tiga, itu salah satunya adalah tangganya. Tangga-tangga di bagian podium itu tidak standar, kemudian jalan keluar utamanya itu tidak standar,” ujar Basuki.

Hal ketiga yang menjadi sorotan adalah jalur darurat yang ternyata tidak memiliki akses langsung dengan bangku penonton.

“Kemudian jalur darurat tidak ada konektivitasnya dengan para penonton. Itu hanya untuk ambulan atau pemadam kebakaran. Itu tidak berfungsi, 6 jalur darurat,” tuturnya lagi.

Sisa yang lainnya yang perlu di audit adalah soal fasilitas di Stadion Kanjuruhan , termasuk toiletnya.

“Yang lainnya termasuk toilet. Saya kira tidak berhubungan langsung dengan musibah,” katannya.

Karena faktor-faktor tersebut, Presiden Joko Widodo langsung memberikan arahan khusus soal renovasi Stadion Kanjuruhan .

“Karena kalau tidak direnovasi, itu tidak layak,” ucap Basuki Hadimuljono.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment