Mensos salurkan bantuan pengungsi bencana longsor di Bogor

idtheftquiz.org/ – Menteri Sosial Tri Rismaharini menyalurkan bantuan kepada warga yang mengungsi akibat longsor tebing tinggi di dua lokasi bencana di kampung padat penduduk Kelurahan Kebonkelapa, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Mensos Risma mendatangi area longsor pada Rabu, sekitar pukul 20.30 WIB disertai rombongan Kemensos dengan membawa kasur, makanan siap saji, dan perlengkapan sehari-hari bagi pengungsi.

Ia juga menunggu jumlah pasti warga terdampak.

“Kita masih menunggu asesmen, karena memang masih labil kondisinya. Kita enggak tahu kondisinya semua seperti apa, makanya tadi saya minta pak camat di bawah itu ditarik semua,” kata dia.

Menurut dia, langkah terpenting saat ini warga cepat diberikan tempat pengungsian yang layak dari sebelumnya di mushalla dekat lokasi longsor ke Gedung Yayasan Rizki Danoe Gordhi di depan Jalan Raya Veteran.

Pemindahan dilakukan karena kondisi di sekitar lokasi kejadian longsor yang masih labil, sehingga dikhawatirkan masih rawan bencana.

Selain itu, di lokasi ini juga telah terjadi dua kali bencana longsor.

Bencana pertama pada Selasa (11/10) sore, dengan 20 orang terdampak longsor di area pemancingan Kampung Cibogor, Kelurahan Kebonkelapa, Kecamatan Bogor Tengah. Di antara mereka, terdapat sembilan orang tertimbun, dua luka berat, satu orang meninggal dunia, dan lainnya luka ringan.

Kejadian terbaru, Pemerintah Kota Bogor mencatatdelapan warga Gang Barjo, Kampung Kebon Jahe, Kelurahan Kebonkelapa, Kecamatan Bogor Tengah tertimbun longsor tebing saat hujan deras pada Rabu sore.

Hingga pukul 21.30 WIB, terdapat empat orang selamat yang telah dievakuasi ke RSUD Kota Bogor dan empat orang masih tertimbun.

“Korban yang masih ada di dalam itu nanti ada asesmendari SAR kalau memang malam ini bisa diteruskan, mungkin bisa diteruskan. Tapi kalau nggak ya kita harus hentikan sampai pagi,” katanya.

Rismamengawal warga pindah dari mushalla ke lokasi pengungsian yang baru.

Ia memastikan satu per satu logistik yang dibawa tim dapat berguna bagi warga.

Dia memastikan bantuan logistik bagi pengungsi akan terpenuhi, karena lokasi Kota Bogor yang masih tergolong dekat dengan posko bantuan bencana Kemensos di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

“Kalau pengungsi kita nggak terlalu berat. Karena yang pertama, kita juga tidak jauh dari posko. Kebetulan saya bikin posko di Cibinong. Kebetulan kita juga ada di Bekasi. Jadi kita akan suplaiterus. Cuma memang tadi saya tarik ke tempat yang lebih aman,” katanya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment