Menjajal Fitur-fitur di Galaxy Watch 5 Pro, Ini Kesan yang Dirasakan

idtheftquiz.org/ – Galaxy Watch 5 Pro merupakan salah satu arloji pintar (smartwatch) terbaru Samsung yang dipasarkan di Indonesia.

Perangkat tersebut dibekali dengan beragam fitur baru untuk menunjang kegiatan olahraga, serta memantau kesehatan pengguna.

KompasTekno berkesempatan untuk memakai Galaxy Watch 5 Pro, tepat dalam acara “Flex Ground Trip” yang digelar Samsung di Hotel Indigo Seminyak, Bali pada 10-12 Oktober lalu.

Selama tiga hari, kami pun menjajal fitur-fitur apa saja yang ada di arloji pintar suksesor Galaxy Watch 4 Series ini. Apa saja yang menarik dan berguna?

1. Body Composition

Galaxy Watch 5 Pro dibekali dengan fitur Body Composition yang bisa memperkirakan proporsional badan dan berapa banyak lemak yang ada di tubuh Anda.

Fitur ini mengandalkan sensor yang bernama Bioelectrical Impedance Analysis (BIA). Sensor ini juga bisa menghitung apakah berat badan dan tinggi Anda ideal atau tidak apabila dilihat berdasarkan massa otot dan tulang.

Untuk memakai fitur Body Composition, Anda hanya perlu mengunjungi menu “Body Composition” di Galaxy Watch 5 Pro Anda dan klik tombol “Measure”.

Terkait sensor, Galaxy Watch 5 Pro juga dibekali dengan dua sensor lainnya untuk memantau aktivitas dan kesehatan pengguna.

Mereka adalah sensor sensor denyut nadi optik dan sensor detak jantung elektrik. Kedua sesor ini bisa mendeteksi suasana atau kondisi tubuh Anda seperti tingkat stres hingga tingkat oksigen yang ada di dalam darah.

2. Fitness Tracking

Fitur menarik yang kedua adalah Fitness Tracking. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna merekam seluruh aktivitas olahraga yang sedang dilakukan.

Untuk merekam kegiatan pengguna, fitur tersebut mengandalkan tiga sensor yang disebutkan di atas tadi, yang biasa dijuluki Samsung BioActive 3-in-1, dan juga sensor lainnya seperti GPS.

Kami sempat menggunakan Galaxy Watch 5 Pro untuk melakukan aktivitas yoga dan renang. Hasilnya, smartwatch ini mampu merekam semuanya dengan cukup baik.

Semua kegiatan olahraga yang kita lakukan bisa dilihat secara rinci berdasarkan harinya. Dengan begitu, kita bisa dengan mudah melihat seberapa lama kita berolahraga, dan olahraga apa saja yang telah kita lakukan.

Selain merekam aktivitas olahraga, sensor yang ada di Galaxy Watch 5 Pro juga bisa merekam berapa banyak langkah yang kita tempuh, berapa tingkat lantai yang kita naiki, berapa banyak kalori yang terbakar, dan masih banyak lagi.

3. Sleep Tracking

Kembali lagi ke fitur kesehatan, Galaxy Watch 5 Pro juga dibekali dengan fitur Sleep Tracking yang bisa menilai dan memantau kualitas tidur pengguna.

Selain memantau, pengguna juga bisa melihat apa saja yang bisa mereka lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur mereka melalui fitur Sleep Coaching.

Menariknya, Sleep Tracking hadir dengan fitur pendukung lainya bernama Snore Detection, yang bisa mendeteksi dan merekam suara mendengkur ketika Anda tertidur.

Nah, ketika kami jajal, fitur Sleep Tracking kami rasa bekerja dengan sempurna. Sebab, fitur ini mampu menilai kualitas tidur kami selama tiga hari berturut-turut.

Pada hari kedua, misalnya, Galaxy Watch 5 Pro menilai kami memiliki kualitas tidur dengan skor 67 poin dengan durasi tidur selama 5 jam 36 menit.

Dari durasi tersebut, kami mendapatkan deep sleep (tidur pulas) selama 1 jam 11 menit, light sleep (tidur ringan) selama 2 jam 41 menit, REM (Rapid Eye Movement) sleep 58 menit, dan bangun selama 30 menit.

Kami juga mendengkur selama 3 jam 45 menit dari total tidur 5 jam 36 menit tadi, dan suara dengkuran kami terdengar cukup keras direkam oleh ponsel yang tersambung dengan Galaxy Watch 5 Pro.

Selain ketiga fitur di atas, Galaxy Watch 5 Pro sendiri punya sejumlah fitur menarik lainnya yang belum sempat kami coba.

Di antaranya seperti Route Workout untuk merekam rute atau jalur yang dilewati pengguna ketika melakukan kegiatan jogging atau trekking, hingga Track Back untuk melakukan navigasi jalur pulang ke rumah dengan panduan suara.

Tertarik mencoba sendiri fitur-fitur Galaxy Watch 5 Pro? Arloji pintar ini sudah bisa dibeli di toko-toko mitra Samsung di Indonesia, baik itu offline maupun online, dengan harga Rp 6,5 juta.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment