Lonjakan Covid-19 di Singapura Memprihatinkan, Gubernur Kepri Imbau Penggunaan Masker di Indonesia

idtheftquiz.org/ – Melonjaknya kasus baru Covid-19 di Singapura kini menjadi sorotan publik.

Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad menyatakan pemerintah dan masyarakat untuk mewaspadai lonjakan tersebut.

Menurutnya, dalam beberapa bulan ini masyarakat Indonesia kurang memperhatikan dalam penggunaan masker karena kasus aktif menurun.

Ansar mengatakan, harus lebih waspada dengan lonjakan kasus Covid-19 di Singapura , yang merupakan pulau tetangga Indonesia, dengan selalu memakai masker.

Ia juga merasa prihatin dengan kondisi Singapura yang saat ini mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang signifikan.

“Mudah-mudahan seluruh pasien Covid-19 di Singapura segera pulih,” ucapnya.

Gubernur Provinsi Kepri tersebut menjelaskan terkait mobilitas penduduk Singapura ke Kepulauan Riau cukup tinggi sejak Pemerintahan Indonesia membuka akses di pelabuhan internasional dan bandara sejak awal tahun 2022.

Begitu juga sebaliknya, Pemerintah Singapura membuka akses bagi warga asing masuk ke negaranya.

“Ribuan orang warga Singapura melakukan perjalanan laut ke Tanjungpinang, Bintan dan Batam,” kata Ansar.

Terkait dengan potensi penularan Covid-19 , Ansar menjelaskan dapat terjadi ketika mobilitas yang tinggi antarwarga negara tersebut.

Namun, dengan disiplin menggunakan masker ketika sedang berinteraksi atau berada di tempat ramai, dapat menjadi antisipasi penularan Covid-19 .

“Upaya antisipasi hanya dapat dilakukan dengan disiplin menggunakan masker saat berada di tempat keramaian dan saat berinteraksi,” ujar Ansar.

Sebelumnya, anggota DPRD Kepri Rudy Chua sudah mengingatkan pemerintah untuk kembali memperketat pengawasan di bandara dan juga pelabuhan internasional di wilayah tersebut.

Ia mengatakan, saat ini kondisi Singapura cukup memprihatinkan. Jumlah pasien Covid-19 meningkat dari 4.000 orang menjadi 11.000 orang dalam sehari.

Virus itu dinamakan XBB, yang tingkat penularannya lebih cepat, meski sampai sekarang belum ada laporan akibat tertularnya virus tersebut.

“Kami memcermati perkembangan penanganan Covid-19 di Singapura karena berbatasan langsung dengan Tanjungpinang dan Batam.

“Kami berharap pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi penularan Covid-19 ,” ucap Rudy Chua yang juga menjadi Koordinator Relawan Covid-19 .***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment