Laboratorium luar angkasa Mengtian China siap diluncurkan

idtheftquiz.org/ – Modul laboratorium Mengtian, komponen laboratorium kedua dari stasiun luar angkasa China yang sedang dibangun, telah terisi bahan bakar seperti yang direncanakan di lokasi peluncuran, kata Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA) pada Senin (10/10).

Operasi prapeluncuran dilakukan pada Minggu (9/10).

Menurut CMSA, perakitan dan pengujian pesawat luar angkasa tuntas setelah kedatangannya di Situs Peluncuran Pesawat Luar Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan, China selatan. Sebelum diluncurkan, badan tersebut juga akan melakukan pemeriksaan bersama terhadap fungsi sistem dengan roket pengangkut Long March-5B Y4, yang akan mengangkut laboratorium Mengtian ke luar angkasa.

Fasilitas dan peralatan di lokasi peluncuran dalam kondisi baik dan semua sistem yang terlibat dalam misi sedang menjalani persiapan secara teratur, kata badan tersebut dalam sebuah pernyataan.

Saat ini, kompleks stasiun luar angkasa Tiangong China terdiri dari modul inti Tianhe, modul laboratorium Wentian, pesawat kargo Tianzhou-4 dan pesawat luar angkasa berawak Shenzhou-14.

Peralatan ilmiah di laboratorium Mengtian akan digunakan untuk mempelajari gaya mikrogravitasi dan melakukan eksperimen dalam fisika fluida, ilmu pengetahuan material, ilmu pembakaran dan fisika fundamental, kata para perancangnya, demikian Xinhua dikutip Senin.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment