KPK Panggil Hakim Agung Gazalba Saleh dan Sekretaris MA

idtheftquiz.org/ – Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) memanggil Hakim Agung Mahkamah Agung (MA) bernama Gazalba Saleh untuk diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap yang menjerat Hakim Agung Sudrajad Dimyati dan tersangka lainnya.

Sebagaimana diketahui, KPK telah menetapkan Sudrajad Dimyati sebagai tersangka suap pengurusan perkara kasasi Koperasi Simpan Pinjam Intidana.

“Penyidik menjadwalkan pemanggilan saksi-saksi Gazalba Saleh (Hakim Agung),” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam pesan tertulisnya kepada wartawan, Kamis (13/10/2022).

Selain Saleh, penyidik juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap Sekretaris Mahkamah Agung, Hasbi Hasan untuk tersangka dan perkara yang sama.

Pemeriksaan akan dilakukan di Gedung Merah Putih KPK pada hari ini.

Hingga saat ini, Ali belum mengungkapkan lebih lanjut terkait materi pemeriksaan terhadap Saleh dan Hasbi.

Sebelumnya, KPK menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta dan Semarang terkait dugaan suap pengurusan perkara di MA. Dari operasi tersebut, KPK mengamankan sejumlah orang yang kemudian ditetapkan sebagai tersangka.

Sementara, Sudrajad Dimyati ditahan setelah memenuhi panggilan penyidik satu hari berikutnya setelah pengumuman penahanan terkait OTT.

Dalam perkara ini, KPK menetapkan delapan tersangka yakni, Sudrajad Dimyati, panitera pengganti MA Elly Tri Pangesti, PNS kepaniteraan MA Desy Yustria dan Muhajir Habibie, serta PNS MA Albasri dan Nuryanto Akmal. Mereka ditetapkan sebagai penerima suap.

Sementara itu, tersangka pemberi suapnya adalah Yosep Parera dan Eko Suparno selaku advokat, serta Heryanto dan Ivan Dwi Kusuma Sujanto selaku Debitur Koperasi Simpan Pinjam Intidana (ID).

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment