IoT Bawa Manfaat Besar di Kehidupan Manusia, Apa Saja?

idtheftquiz.org/Jakarta, CNBC Indonesia – Teknologi digital saat ini sudah semakin maju. Berbagai kebutuhan manusia mampu dipenuhi dengan bantuan teknologi, entah itu urusan yang produktif atau sekadar membantu rebahan.

Kemajuan teknologi semakin merata dirasakan masyarakat utamanya dengan kehadiran internet. Pun kemudian teknologi yang luar biasa ini semakin berkembang dan sering disebut Internet of Things (IoT). Ada banyak contoh dari pemanfaatan IoT, seperti Alexa, Siri, dan sebagainya.

Perangkat ini juga terus dikembangkan demi membawa dampak lebih positif bagi para penggunanya. Selain lebih efisien, penggunaan teknologi canggih ini juga dapat mempengaruhi efektivitas juga kecepatan dalam melakukan aktivitas tertentu.

Pada cara kerjanya, IoT tidak terlepas dari konsep dasar yang menghubungkan perangkat ke internet dan sebaliknya, bisa berupa ponsel, speaker, TV, dan lain sebagainya. Nantinya, semua yang saling terhubung akan mengumpulkan dan berbagi data sebab adanya chip komputer dan jaringan nirkabel yang sudah tersebar ke mana-mana.

Boleh dibilang, peran manusia dalam menjalankan kecanggihan teknologi ini adalah sebagai kontrol dan monitor. Inilah yang pada akhirnya membuat segala aktivitas dalam menjalani kehidupan menjadi lebih mudah.

1. Monitoring Penggunaan Energi

Cukup banyak peralatan dan perangkat yang menghabiskan energi, terutama perangkat elektronik. Oleh karena itu, IoT akan membuat hemat penggunaan energi.

Dalam hal ini, pengguna dapat melakukan akses remote control array untuk manajemen pusat interface dengan basis cloud computing. Cara kerja IoT juga dapat dimanfaatkan untuk mengaktivasi penjadwalan pada perangkat tertentu.

2. Otomatisasi Bangunan

Perangkat dari IoT bisa difungsikan untuk melakukan kontrol sistem mekanis, elektrik, hingga elektronik yang ada di bangunan rumah maupun industri. Contohnya seperti otomatisasi lampu sehingga bisa lebih menghemat energi.

3. Transportasi

Cara kerja IoT juga bisa membantu mengintegrasikan komunikasi, kontrol, dan proses informasi sistem transportasi. Pemanfaatannya bisa digunakan untuk mesin kendaraan, infrastruktur, serta fungsi dari pengemudinya.

4. Kesehatan

Perkembangan IoT turut terjadi dalam dunia kesehatan. Di mana IoT memudahkan para tenaga medis untuk menangani pasiennya.

Beberapa di antara manfaatnya adalah pengiriman data untuk mendeteksi detak jantung, gula darah, dan banyak lainnya.

5. Bisnis

Marketplace tentunya sangat dekat dengan penggunaan internet, apalagi langkah ini memberikan peluang besar untuk mengembangkan bisnis. Cara kerja IoT sangat membantu pemilik bisnis untuk meningkatkan profitabilitas.

Adanya IoT yang salah satunya adalah menghemat energi menjadi cara dalam memangkas anggaran untuk biaya operasional. Selain itu, masih ada manfaat-manfaat lainnya dari penggunaan IoT untuk berbisnis.

6. Kebutuhan Keluarga

IoT rupanya bisa menjawab kebutuhan keluarga. Kamu bisa merasakan manfaat IoT dengan menggunakan SMOOA dari TelkomGroup yang menjadi solusi internetan untuk keluarga.

Selain paket data dapat dibagikan ke 3 hingga 6 nomor lainnya, kamu juga bisa mendapatkan bonus telepon maupun SMS gratis ke sesama pengguna.

Semua manfaat dan info dari SMOOA by IndiHome bisa kamu lihat di website resminya, termasuk layanan kuota internet Telkomsel. Penggunaannya juga lebih efisien sebab semua tagihan akan dijadikan satu sehingga kamu tidak perlu lagi repot membayar satu-satu.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment