Ini Dia 10 Aplikasi Voting Terbaik untuk PC dan Android

idtheftquiz.org/ – Voting memang satu cara paling cepat untuk menentukan suatu pilihan ketika berdiskusi jadi metode yang cukup lama menghasilkan keputusan. Dan kini melakukan voting secara online semakin lebih nyaman ketimbang manual menggunakan kertas, lho. Itulah mengapa Anda butuh aplikasi voting untuk berbagai kebutuhan.

Berikut ini adalah 10 nama aplikasi lengkap dengan layanan yang tersedia pada masing-masingnya. Tanpa berlama-lama, ini dia selengkapnya!

1. Google Form

Dengan format yang simple dan to the point tak salah jadinya jika Google Form sering digunakan untuk banyak kebutuhan. Mulai dari melakukan survey sampai memfasilitasi registrasi.

Fitur-fitur di dalamnya pun didesain supaya Anda mudah membuat dan mengatur kuesioner. Seperti fitur membuat pertanyaan yang langsung terintegrasi dengan format membuat jawaban.

Anda juga bisa menyisipkan gambar/video, ataupun opsi lainnya untuk membuat voting terorganisir melalui floating menu sebelah kanan. Untuk penggunaannya sendiri, menyetting Google Form jauh lebih nyaman melalui perangkat desktop dari pada melalui mobile phone. Kunjungi laman Google Form untuk membuat kolom voting secara gratis.

2. StrawPoll

Mau buat polling yang melibatkan banyak orang tanpa harus share link? Artinya Anda harus coba gunakan StrawPoll. Aplikasi voting ini punya opsi khusus yang bisa anda atur apakah polling hanya bisa diakses Private atau Public. Dengan begitu tak perlu lagi kesulitan mendapatkan voters jika perlu kebutuhan sample yang banyak.

Menggunakannya juga sama sekali tidak sulit. Anda hanya cukup menuliskan judul voting, deskripsi dan apa saja pertanyaannya. Jangan ragu untuk sekaligus meng-input gambar jika memang perlu.

Lalu agar hasilnya akurat, StrawPoll bisa meminimalisir double vote dengan mengaktifkan mode IP-Address Duplication Check. Sayangnya, StrawPoll hanya bisa Anda gunakan melalui versi desktop. Anda bisa klik di sini untuk mulai membuat voting pakai StrawPoll.

3. Poll Everywhere

Poll Everywhere bisa dibilang satu aplikasi voting yang cukup lain dibanding brand sejenis. Karena untuk mendapatkan respon, Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan akun. Begitupula voters yang perlu terhubung dengan akun Anda agar dapat memberikan tanggapan.

Uniknya voting berjalan secara real time saat itu juga. Bahkan setiap voters juga bisa menanggapi masukan vote peserta lain dengan upvote atau downvote, lho. Jadi hasilnya akan langsung terlihat tanpa harus menetapkan rentang waktu berhari-hari.

Cocok sekali untuk mengetahui tanggapan secara cepat saat seminar ataupun rapat. Tambahan, aplikasi ini hanya bisa diakses melalui desktop saja. Daripada penasaran langsung saja cek laman resminya di link ini.

4. Pollie

Pollie bisa jadi jalan pintas membuat voting yang lebih mudah dan cepat cukup lewat mobile Android. Setelah masuk ke dalam aplikasi, ketikkan saja pertanyaan kuesioner beserta jawabannya yang bisa Anda lampirkan gambar sekaligus.

Satu keunggulan aplikasi voting ini ada pada sistem yang praktis terhubung dengan berbagai aplikasi media sosial. Seperti WhatsApp, Telegram, Facebook, Email, atau platform lain yang Anda inginkan. Dengan kata lain polling hanya bisa terbuka dan diisi oleh siapapun yang mendapatkan link.

Meski begitu, Pollie terbilang “bocor” karena hasil voting sebelumnya juga ikut tampil pada antarmuka di voters baru. Jadi, mungkin sekali pilihan voters terpengaruh opsi dengan persentase tinggi. Coba saja dulu Pollie secara gratis pada platform Android dan iOS melalui link ini.

5. LINE Poll

Bagi Anda pengguna aplikasi chat LINE, fitur ini pasti bukan hal yang asing lagi. Konsepnya sama seperti Pollie, yaitu voters bisa mengisi dalam format pilihan ganda. LINE ini juga tersedia untuk beberapa platform, yakni iOS, Android, dan juga WIndows.

Fitur Poll bisa Anda temukan dengan klik tanda + yang posisinya sederet dengan kolom ketik. Ada dua jenis voting, yaitu memilih opsi berbentuk teks atau tanggal. Karena itulah, Line Poll lebih sering digunakan untuk menentukan hari dalam group atau multi personal chat.

Supaya hasilnya tepat waktu, lakukan setting kapan tanggal berakhirnya pengisian. Otomatis hanya jawaban voters yang mengakses dalam jangka waktu saja yang terekam. Langsung saja kunjungi laman unduhan LINE di sini.

6. Voliz

Khusus pengguna WhatsApp, aplikasi voting Voliz bisa jadi alternatif lain mengumpulkan suara. Meski begitu, untuk menanggapinya voters hanya perlu klik link kiriman voting maker tanpa harus install aplikasi.

Bukan Cuma satu, Anda bisa membuat lebih banyak voting berbeda. Detail informasi setiap voting bisa Anda cek pada fitur My Polls, termasuk siapa saja yang menanggapi. Yang lebih asyik lagi, anda bisa langsung memulai percakapan dengan voters melalui fitur ini.

Selain voting, menurut klaimnya Voliz juga pas untuk membuat kolom survey, Politics Poll sampai Social Voting App. Jika Anda tertarik menggunakan aplikasi ini, segera install melalui Play Store Android dan nikmati kemudahannya. Atau, bisa juga dengan kllik di sini.

7. Survey Monkey

Berbeda dari aplikasi voting lainnya, Survey Monkey tersedia dalam bentuk aplikasi Android dan iOS atau akses melalui desktop. Tapi yang membuat aplikasi ini cukup menarik adalah desain lamannya sederhana namun tetap profesional dengan beragam pilihan template.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carisinyal.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment