Inggris Makin Gonjang-Ganjing, Perdana Menteri Pecat Menkeu

idtheftquiz.org/ – Perdana Menteri Inggris Liz Truss memberhentikan Kwasi Kwarteng sebagai menteri keuangan. Ini dipicu kebijakan ekonomi yang “compang-camping” di tengah krisis biaya hidup di negara itu.

Mantan sekretaris luar negeri Jeremy Hunt ditunjuk sebagai pengganti Kwarteng. Ini menjadikannya menteri keuangan keempat Inggris di tahun ini.

“Anda telah meminta saya untuk mundur … Saya telah menerimanya,” tulis Kwarteng yang mempercepat kepulangannya dati kegiatan di Washington, Amerika Serikat (AS) terkait G20, dalam sebuah surat kepada Truss, dikutip AFP, Jumat (14/10/2022).

Meski demikian, dalam surat yang sama Kwarteng tetap kukuh program ekonominya diperlukan. Ia menyebut karena “status quo bukanlah pilihan”.

Truss sendiri membalas Kwarteng dengan menyebut keputusannya sebagai “mendahulukan kepentingan nasional”.

Truss baru terpilih 6 September lalu. Ia menggantikan Boris Johnson yang tersandung skandal karena memilih pejabat yang memiliki riwayat kasus pelecehan seksual.

Akibat kebijakan ekonominya dengan Kwarteng, jajak pendapat YouGov untuk surat kabar The Times mengatakan 43% pemilih Partai Konservatif menginginkan Truss mundur di Downing Street.

Sebelumnya Truss dan Kwarteng membuat heboh saat mewacanakan kebijakan pemotongan pajak (tax cut). Salah satu poinnya adalah penghapusan pajak senilai US$ 48 miliar, tanpa pengurangan belanja negara, termasuk 45% pajak penghasilan ke penerima tertinggi.

Truss juga berencana mengangkat batas bonus bankir. Downing Street juga membalikkan rencana kenaikan pajak perusahaan serta kenaikan baru-baru ini dalam kontribusi asuransi nasional.

Hal itu dipandang sebagai ‘racun politik’. Apalagi warga Inggris kini menghadapi krisis biaya hidup.

Dana Moneter Internasional (IMF) bereaksi atas wacana itu dan mengatakan pemotongan pajak mungkin akan memperburuk ketidaksetaraan. Ini akan melemahkan perjuangan bank sentral Inggris, BoE, melawan inflasi yang hampir 10% pada Agustus.

Kala rencana aturan diumumkan mata sang Inggris pound sempat menyentuh rekor terendah. Namun saat dibatalkan pound melonjak lagi.

Meski demikian, pekan ini rencana pajak baru muncul kembali. Truss sempat mengatakan rincian aturan akan terbit 31 Oktober.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment