Ingatkan Pemimpin Negara G20, SBY: Perang Dunia Disertai Senjata Nuklir Bisa Terjadi

idtheftquiz.org/ – Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) mengingatkan para pemimpin negara anggota G20 mengenai potensi ancaman perang dunia dengan senjata nuklir.

Ia menilai situasi itu bisa terjadi jika ekskalasi konflik Rusia dan Ukraina semakin meningkat.

“Terjadinya perang dunia disertai penggunaan senjata nuklir bisa menjadi kenyataan,” ujar SBY melalui akun Twitter @SBYudhoyono, Selasa (11/10/2022).

Dalam pandangannya dunia bisa menghadapi tiga krisis secara bersamaan jika para pemimpinnya tak mencari solusi nyata.

“Jika keadaan makin tidak terkendali (goncangan ekonomi dan keamanan global), sementara pandemi Covid-19 masih ada, penyelamatan bumi dari pemanasan global akan gagal karena dunia tidak lagi peduli dan bukan prioritas,” paparnya.

“Dunia bisa alami triple crises, keamanan, ekonomi dan lingkungan,” ucap dia.

Maka SBY meminta para pemimpin negara yang tergabung dalam forum G20 mengedepankan negosiasi untuk menjamin perdamaian dunia.

“Wahai para pemimpin dunia, termasuk PBB, bertindaklah secara nyata untuk selamatkan dunia kita. Inaction is immoral. Gunakan forum G20 di Bali to save our world, to save our planet,” imbuhnya.

Diketahui KTT G20 merupakan forum ekonomi yang diikuti beberapa negara maju dan berkembang dengan tingkat ekonomi menengah ke atas.

Rusia, Ukraina dan Amerika Serikat pun menjadi anggota forum yang bakal diselenggarakan November 2022 di Bali.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin telah mengkonfirmasi bahwa Presiden Amerika Joe Biden bakal mengikuti KTT G20.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment