Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Karate Serie A WKF Tahun 2022

idtheftquiz.org/ – Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam ajang Serie A World Karate Federation ( WKF ) tahun 2022 . Kejuaraan dunia karate yang akan diikuti oleh 1.200 peserta dari 75 negara itu bakal digelar di Istora Senayan Jakarta pada 18-20 November 2022 .

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Hadi Tjahjanto saat membuka Kejurnas Bandung Karate Club (BKC) Piala Menteri Agama RI di Gedung Indoor Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung pada Jumat, 14 Oktober 2022 .

“Saya sudah wanti-wanti kepada seluruh peserta nanti supaya mempersiapkan, sehingga dari Serie A WKF ini nanti akan ada atlet-atlet yang potensial, yang bisa terus kita bina untuk mendapatkan prestasi terbaik,” kata Hadi.

Dia berherap, atlet-atlet karate Indonesia bisa berprestasi di ajang tersebut, sehingga dapat mengerek ranking dunia dari WKF . Apalagi, menurut Hadi, prestasi karate di Indonesia saat ini sedang mengalami peningkatan yang pesat.

“Hal ini dibuktikan dengan prestasi para atlet karate Indonesia pada tingkat internasional, sangat membanggakan dan harus ditingkatkan. Salah satu contoh adalah SEAKF (South East Asian Karate Federation) 2022 di Kamboja,” katanya.

Di ajang SEAKF 2022 , tuturnya, Indonesia dapat menghasilkan medali yang melebihi ekspektasi, yaitu dengan memperoleh 6 emas, 4 perak, dan 2 perunggu. Atlet karate Indonesia juga mampu menuai prestasi di Sea Games 2022 dan ASEAN University Games 2022 .

“Kemudian Sea Games 2022 di Vietnam dengan perolehan medali 4 emas, 8 perak, dan 2 perunggu. University Games di Thailand juga memperoleh medali 8 emas, 2 perak, dan 1 perunggu,” ujar Hadi yang juga merupakan Menteri Agraria dan Tata Ruang.

Padahal, menurut dia, selama dua tahun terakhir ini karate di Indonesia bisa dikatakan vakum akibat dari pandemi Covid-19.

“Namun, dengan niat yang kuat, dengan terus berlatih, maka prestasi untuk tahun 2022 ini mengalami peningkatan,” ujarnya.

Hadi meyakini, prestasi karate Indonesia akan semakin baik di masa yang akan datang. Pasalnya, pembinaan dan pencarian atlet-atlet potensial terus dilakukan melalui berbagai kejuaraan karate yang diselenggatakan di Tanah Air.

Oleh karena itu, dia pun mengapresiasi BKC sebagai salah satu perguruan karate teraktif di Indonesia yang telah menyelenggarakan kejuaraan nasional karate jenjang pendidikan Islam. Dia berharap, di kejuaraan tersebut lahir atlet-atlet andalan.

“Semoga melalui Kejuaraan Nasional Bandung Karate Club berbasis madrasah dan umum ini dapat melahirkan atlet-atlet andalan untuk masa depan, yang dapat berprestasi dan mengharumkan Indonesia. Saya lihat gerakan adik-adik yang kecil tadi cara masuknya saja sudah berisi, ada niat yang bagus,” ucapnya.

Kejurnas BKC Piala Menteri Agama RI tersebut diikuti total 1.601 atlet pada kelas madrasah, prestasi umum, TNI/Polri, dan festival. Kelas madrasah diikuti 104 kontingen dengan 803 atlet, kelas prestasi umum diikuti 21 kontingen dengan 595 atlet, kelas TNI/Polri diikuti 4 kontingen dengan 35 atlet, kemudian kelas festival diikuti 51 kontingen dengan 168 atlet.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment