IGDX 2022 Resmi Dibuka di Bali, Ajang Kumpul Pengembang Game Lokal dan Global

idtheftquiz.org/ – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) resmi menggelar acara Indonesia Game Developer Exchange 2022 ( IGDX 2022 ).

Setelah melalui serangkaian acara yang panjang, puncak acara IGDX 2022 akan diisi dengan IGDX Business dan Conference 2022 yang berlangsung pada 14-16 Oktober 2022.

Berbeda dari tahun sebelumnya, IGDX Business dan Conference 2022 diselenggarakan secara luring (offline) di hotel The Stones, Legian, Bali.

IGDX 2022 sejatinya terbagi menjadi tiga kegiatan berbeda yang terdiri dari IGDX Academy, IGDX Business, dan IGDX Conference.


IGDX Academy merupakan pelatihan dari mentor yang sudah berpengalaman di industri game, baik lokal maupun asing yang telah digelar pada 4 Juli hingga 16 November.

Sedangkan IGDX Business yang berlangsung 15 September hingga 15 Oktober, menjadi sarana kumpul yang mempertemukan pengembang game dengan penerbit game, studio game, pemerintah, serta investor yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Di penghujung acara, ada IGDX Conference 2022 yang akan dihadiri oleh para pembicara berpengalaman di tingkat nasional dan global dalam industri game serta investasi.

IGDX Conference 2022 akan berlangsung pada 15-16 Oktober 2022. Konferensi ini terbuka untuk masyarakat umum yang ingin mengetahui tren serta tantangan terkini industri game.

Di hari pertama, IGDX Conference 2022 turut melibatkan sejumlah panel bisnis seperti “Business Panel Premium Games Insight and Trends” yang akan diisi oleh Jun Shens dari MS Xbox, Chris Murphy dari Epic Games, dan Darang Chandra dari Niko Partners.

Ada juga panel “How to Get a Job” in the Game Industry yang akan diisi oleh Hasnul Hadi Samsudin dari PlayStation Malaysia, serta Yandhi Dono Pratopo dari Ubisoft Singapore.

Lalu di hari kedua, ada sejumlah panel lain meliputi “Investment Panel Best Practices in VC Funding for Gaming” yang diisi oleh Pontus Mahler dari Global Top Round, Yash Baid dari Jetapult, Irene Umar dari Discovery Nusantara Capital sebagai pembicara dan Ashnil Dixit dari Google sebagai moderator.

IGDX Conference 2022 kali ini didukung penerbit game MajaMojo yang dikembangkan Telkomsel bersama GoTo serta Data.ai yang merupakan platform riset pasar dan konsumen yang memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence/AI.

Untuk memeriahkan acara, akan ada sesi Indonesia Game Awards sebagai bentuk penghargaan terhadap kreativitas dan inovasi di balik game yang diberikan kepada tim maupun individu yang telah berkontribusi pada kemajuan industri game.

Penghargaan ini rencananya akan diberikan langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, serta Direktur Jendral Aplikasi Informatika Semuel A. Pangerapan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment