Heboh ‘Rakyat Dikibuli’ BBM Pertalite Cuma RON 86 dan Dituding Makin Boros, Kementerian ESDM Buka Suara

idtheftquiz.org/ – Hal ini seperti yang diunggah oleh akun Twitter @yo2thok. Foto tersebut kemudian kembali diviralkan oleh banyak pihak, salah satunya akun Instagram @underc0ver.id.

Pertamina Pertalite RON 90,” begitulah tulisan yang tertera di depan sebuah botol bening berisi cairan BBM berwarna biru pudar, dikutip Suara.com, Minggu (9/10/2022).

Seseorang kemudian memasukkan alat pengukur nilai RON ke dalam botol tersebut dan tertera lah angka 86. “Pertalite RON 90 actual hanya RON 86,” ungkapnya melanjutkan.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sendiri sudah bergerak untuk memeriksa mutu BBM RON 90 alias Pertalite yang beredar di masyarakat setelah heboh dituding semakin boros pasca kenaikan harga.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Prof Ir Tutuka Ariadji, M.Sc., Ph.D., IPU mengungkap pihaknya sudah menginstruksikan Lemigas untuk memeriksa mutu BBM Pertalite dari sejumlah SPBU.

“Untuk tahap awal saat ini sudah diambil sampel Pertalite di 6 SPBU di Jakarta,” ungkap Tutuka, dikutip dari kanal YouTube Halo Migas Ditjen Migas.

“Sampel Pertalite tersebut kemudian diuji di Balai Besar Pengujian Migas dengan prosedur standar pengujian yang baku untuk 19 parameter uji,” lanjutnya.

Lalu seperti apa hasilnya? Tutuka memastikan Pertalite yang diuji telah memenuhi standar spesifikasi BBM RON 90 sesuai regulasi yang berlaku.

“Hasilnya telah memenuhi standar dan mutu spesifikasi BBM jenis RON 90 yang dipasarkan di dalam negeri,” tegas Tutuka. “Dengan ini tidak terindikasi adanya batasan mutu off spec, semuanya on spec.”

Tutuka juga memastikan bahwa ke depannya, pihaknya akan lebih ketat mengawasi mutu BBM yang diedarkan di masyarakat.

Tanggapan Warganet

Temuan nilai RON BBM Pertalite yang lebih rendah dari semestinya ini memicu beragam reaksi publik. Banyak yang membenarkan soal berkurangnya kualitas BBM Pertalite.

Tapi memang kalau di bandingkan sama bbm swasta yang punya ron sama, kualitas bbm pertamina memang buruk,” komentar warganet.

Kok doyan banget ngibulin rakyat,” ujar warganet.

Pemerintah (bukan) mensejahterakan rakyat, (tapi) pemerintah membohongi rakyat,” imbuh warganet lainnya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment