Hakikat dan Makna Lingkungan bagi Manusia

idtheftquiz.org/ – anusia dan lingkungan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Interaksi dengan lingkungan tidak dapat terhindarkan oleh manusia selama hidupnya.

Jika tidak ada lingkungan atau alam sekitar, maka manusia tidak akan memiliki tempat untuk bertahan hidup.

Lalu, apa hakikat dan makna lingkungan bagi manusia ?

Hakikat dan makna lingkungan bagi manusia

Hakikat dan makna lingkungan bagi manusia dapat ditinjau dari dua aspek, yaitu lingkungan hidup atau alam dan lingkungan sosial budaya.

Lingkungan hidup atau alam adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan alam yang berada di lingkungan sekitar manusia.

Lingkungan alam terdiri dari sejumlah komponen, yakni faktor abiotik, seperti udara, tanah, air, dan faktor biotik, seperti hewan, tumbuhan dan manusia.

Sementara itu, lingkungan sosial budaya terbentuk mengikuti keberadaan manusia itu sendiri. Oleh karena itu, lingkungan sosial budaya menekankan pada aspek manusia dalam lingkup budaya dan sosialnya.

Lingkungan sosial budaya terdiri atas pola interaksi antara budaya, teknologi dan organisasi sosial, termasuk manusia dan perilakunya.

Lingkungan sosial budaya dapat berupa lingkungan pertemanan, jaringan sosial, adat istiadat yang berlaku, pola perilaku masyarakat sekitar, dan lain-lain.

Merujuk pada hakikat dan makna lingkungan bagi manusia ini, terlihat jelas bahwa lingkungan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia.

Segala sesuatu yang ada di lingkungan dapat dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kepentingan dan kebutuhan hidupnya.

Arti penting lingkungan bagi manusia

Adapun arti penting lingkungan bagi manusia di antaranya:

  • Lingkungan merupakan tempat untuk manusia hidup dan berkembang biak;
  • Lingkungan memberi sumber-sumber penghidupan manusia, seperti tanah yang subur untuk ditanami dan perairan yang dapat dimanfaatkan;
  • Lingkungan memengaruhi sifat, karakter dan perilaku manusia yang mendiaminya;
  • Lingkungan memberi tantangan bagi kemajuan peradaban manusia karena kondisi lingkungan dapat membuat manusia berpikir untuk menciptakan dan mengkreasikan sesuatu;
  • Manusia dapat memperbaiki, mengubah, bahkan menciptakan lingkungan untuk kebutuhan dan kepentingan hidupnya.

Referensi:

  • Rahayu, Ani Sri. 2018. Ilmu Sosial & Budaya Dasar: Perspektif Baru Membangun Kesadaran Global Melalui Revolusi Mental. Jakarta: Bumi Aksara.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment