Gelembung Harga Apartemen Pecah, di DKI Diobral Habis-Habisan

idtheftquiz.org/Jakarta, CNBC Indonesia – Gelembung harga apartemen yang sempat terjadi beberapa tahun lalu di beberapa segmen kini justru mulai ‘pecah’. Harga apartemen baru kelas menengah di pinggiran Jakarta yang sempat dijual Rp 500-600 juta, kini di pasar seken sudah ada yang dijual Rp 200 jutaan.

Ketua Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) Lukas Bong menjelaskan saat ini semua segmen apartemen seken sedang hancur-hancuran harganya, pemicu utamanya karena efek pandemi yang berdampak pada turunnya permintaan sewa apartemen terutama di segmen atas karena para ekspatriat terbatas. Namun, kini kehancuran pasar apartemen juga merembet ke segmen menengah.

“Apartemen seken, biasanya para pemilik nggak tahan service charge, ini berlaku untuk menengah bawah dan atas, kalau Rp 5 juta biaya service, gak kuat juga. Akhirnya banyak yang jual tapi permintaan sepi,” katanya.

Ia mengatakan pasar apartemen milik memang sangat tergantung dengan permintaan sewa termasuk untuk segmen menengah. “Akar masalahnya karena sewa, sekarang penyewa susah. Semua kena semua apartemen, selama tak ada penyewa maka apartemen turun. Dulu kan awalnya pembeli mau investasi di apartemen,” katanya.

Misalnya apartemen di Kebagusan City Jakarta Selatan. Dari pantauan CNBC Indonesia, pemilik apartemen rela menjual asetnya dengan harga Rp 270 juta, itu pun masih ada ruang untuk negosiasi.

Tipe apartemennya studio dengan luas bangunan 22 meter per segi (m2)m2, 1 Kamar Tidur, 1 Kamar Mandi dengan daya listrik 1.300 watt. Sudah full furnished yang terdiri dari free AC, TV, fridge, Bed Set, hingga Kitchen set.

“Jual BU Apartemen Kebagusan City (Plus Furnished), Dekat AEON Mall Tanjung Barat, Dekat Stasiun Tanjung Barat, Dekat Gedung Nestle Arkadia, Dekat Perkantoran Hijau Arkadia, Dekat 18 Office Park, Dekat Plaza Oleos, Dekat Jl. TB Simatupang Jakarta Selatan,” tulis penjual dilansir dari Lamudi.

Tidak jauh dari Kebagusan, yakni di Kalibata City terdapat apartemen tipe studio dengan harga Rp 200 juta, lokasinya di Tower Cendana lantai 8. Luas bangunan 20m2 dengan 1 kamar tidur dan 1 kamar mandi.

Di Jakarta Barat, terdapat Apartemen di lantai 16 Belmond Residence yang dijual dengan harga Rp 270 juta. Di dalamnya tersedia 1 kamar tidur dan 1 kamar mandi.

“BU (Butuh Uang) POL, Bawah Pasaran Dijual Apartemen di Belmont Residence Jakarta Tower Everest Lantai 16 Luas 22 m², furnished,” tulis penjual.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment