Fakta Baru Tragedi Kanjuruhan Terungkap, 8 Pintu Darurat Tidak Berfungsi Saat Kejadian

idtheftquiz.org/ – Polisi menemukan temuan baru dari Tragedi Stadion Kanjuruhan , Malang yang menewaskan 131 supporter bola awal Oktober 2022.

Dalam temuannya, Polri menyatakan ada 8 pintu darurat di Stadion Kanjuruhan yang diketahui tak berfungsi saat kerusuhan terjadi.

Ini bisa menjadi faktor baru penyebab banyaknya korban meninggal di salah satu tragedi sepak bola paling mematikan di dunia tersebut.

Terkait hal ini, pihak kepolisian mengumumkan jumlah korban mungkin bisa berkurang jika pintu darurat semuanya berfungsi.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari PMJ News pada Selasa, 11 Oktober 2022, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menjelaskan jika saja pintu darurat Stadion Kanjuruhan berfungsi, mungkin saja jumlah korban bisa berkurang.

“Dari 8 pintu emergency seharusnya bisa difungsikan. Kalau itu bisa difungsikan, maka jatuhnya korban bisa diminimalisir,” ujar Dedi menjelaskan.

“Tapi ketika kejadian itu, fungsi dari emergency exit-nya itu tidak bisa berfungsi dengan baik. Tidak bisa dibuka itu yang betul-betul tidak kita harapkan,” tuturnya lagi.

Dedi menambahkan, seluruh pintu di sekitar stadion semestinya tidak dalam kondisi terkunci.

Selain itu, seharusnya dalam situasi tersebut, pintu darurat dijaga oleh petugas sehingga dipastikan bekerja dengan baik saat tragedi terjadi.

“Sebelum pertandingan harus dipastikan di dalam regulasi ini semua pintu dijaga oleh steward, semua pintu harus dalam keadaan tidak boleh di kunci,” ujar Dedi.

“Dan apabila difungsikan harus mampu semaksimal mungkin bisa mengeluarkan penonton dalam keadaan selamat,” ucapnya kembali.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment