Elon Musk Mau Tiru, Ini Kunci WeChat Sukses Jadi Super App

idtheftquiz.org/ – Drama akusisi Twitter oleh Elon Musk tak kunjung usai. Kali ini ia kembali mengungkap keinginannya untuk membeli Twitter, spekulasi pun muncul kembali tentang bagaimana miliarder itu berencana mengubah jejaring sosial.

Tweet Musk pekan lalu seolah memberi petunjuk bahwa ia ingin membeli Twitter untuk ditransformasi menjadi X, aplikasi segalanya.

Meskipun Musk tidak memerinci seperti apa tampilan X, banyak yang menganggap dia ingin meniru kesuksesan WeChat, yang selama dekade terakhir hampir menjadi aplikasi segalanya atau super app di China.

Orang-orang menggunakan aplikasi WeChat untuk membaca berita, naik wahana, membuat janji dengan dokter, membayar pajak, dan melakukan segudang aktivitas sehari-hari lainnya.

Di town hall pertamanya dengan staf Twitter pada bulan Juni, orang terkaya nomer 1 di dunia itu berbicara tentang WeChat sebagai visi yang mungkin untuk jejaring sosial Amerika.

WeChat memang menjadi aplikasi yang serba ada dan diandalkan di China, tetapi aplikasi seperti itu belum ada di luar pasar China.

Investasi Tencent di Tesla mungkin memberi Musk wawasan tentang sang raksasa internet China. Namun, apakah model aplikasi all-in-one seperti WeChat benar-benar produk yang diinginkan untuk pasar AS?

Fitur WeChat yang membuat Musk terkesan juga menjadi sumber kritik terhadap aplikasi tersebut. Konsep all-in-one pada dasarnya telah mendirikan “taman bertembok”, kata para kritikus, dikutip dari TechCrunch, Selasa (11/10/2022).

Transaksi e-commerce hanya terjadi melalui aplikasi pembayaran Tencent, informasi yang dikonsumsi oleh pengguna dipublikasikan dalam infrastruktur WeChat atau layanan pihak ketiga yang didukung oleh Tencent.

Tautan dari pesaing Tencent, seperti Alibaba dan Douyin (kembaran TikTok di China), tidak dapat diakses di WeChat hingga akhirnya kebijakan anti-monopoli Beijing baru-baru ini mulai meruntuhkan aturan tersebut.

Super app mungkin memberikan kenyamanan bagi pengguna karena mereka tidak perlu meninggalkan platform, tetapi model tersebut dapat menghambat persaingan dan mengesampingkan pilihan pengguna.

Dan yang perlu diingat bahwa inti dari WeChat adalah aplikasi perpesanan sosial, yang jelas membuatnya berbeda secara mendasar dari Twitter, yang merupakan platform media sosial.

Dengan lebih dari 1,3 miliar pengguna, WeChat adalah pembawa pesan di mana-mana di Cina, sementara orang-orang menggunakan Twitter sebagian besar untuk mengonsumsi informasi daripada berbicara dengan orang yang mereka kenal di kehidupan nyata.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment