Ekonomi Digital RI Dominasi ASEAN, UMKM Jadi Andalan

idtheftquiz.org/ – Indonesia memiliki potensi besar ekonomi digital yang disebut mendominasi di ASEAN. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyebutkan pada 2025 potensi ekonomi digital di Indonesia mencapai US$ 146 miliar, dan mencapai US$ 315,5 miliar pada 2030.

“Nilai ini setara Rp 4.500 triliun (di 2030), dan setara 42% digital ekonomi ASEAN,” kata Johnny dalam CNBC Indonesia Tech Conference 2022, Rabu (12/10/2022).

Untuk itu pemerintah menyiapkan “amunisi” untuk mengambil bagian aktif dalam perkembangan ekonomi digital. Menurutnya yang bisa berkontribusi bukan hanya perusahaan menengah ataupun korporasi besar, melainkan hingga UMKM dan ultra mikro.

Johnny menambahkan pemerintah tengah mendorong 64 juta UMKM go digital agar bisa memperluas pasarnya dan semakin berkembang. Saat ini sekitar 20 juta UMKM telah memanfaatkan platform digital, dan diproyeksikan mencapai 30 juta pada 2024.

“UMKM dan Ultra mikro sudah banyak yang digital boarding, mereka adalah fondasi utama. Pada 2023, tidak hanya ekonomi dan tekanan global. kita juga memasuki persiapan pemilu 2024 dan terjadi proses politik yang berjalan,” ujarnya.

Momentum ini menurutnya bisa dimanfaatkan oleh UMKM dan ultra mikro, karena akan memberikan efek ekonomi ke tingkat lokal.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment