DKI Mulai Diguyur Hujan, Instal 5 Aplikasi Pemantau Banjir

idtheftquiz.org/ – Dalam beberapa hari terakhir ini cuaca ekstrem yang ditandai dengan hujan lebat disertai petir dan angin kencang melanda Tanah Air, khususnya DKI Jakarta dan sekitarnya.

Bahkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya telah mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem terjadi pada 2-8 Oktober 2022.

Bagi para pekerja ibu kota, penting untuk mengetahui jalanan mana saja yang banjir untuk menentukan jalan alternatif. Berikut lima aplikasi yang bisa dipakai untuk memantau banjir di Jakarta dan daerah lainnya, mengutip detikInet, Minggu (9/10/2022).

PetaBencana.id

Situs pemantau banjir yakni PetaBencana.id memetakan titik-titik banjir sesuai lokasi warga, tak hanya untuk di Jabodetabek tetapi juga kota-kota lainnya di Indonesia. Pengguna hanya perlu memilih provinsi mana yang ingin dicek, situs bisa dengan sangat detail menunjukkan dan menyajikan informasi daerah-daerah mana saja yang terkena banjir.

Peringatan Dini Banjir Jakarta

Warga dapat melihat tampilan informasi terkini terkait tinggi muka air sungai-sungai di Jakarta selama 24 jam terakhir lewat aplikasi Peringatan Dini Banjir Jakarta. Aplikasi ini juga menampilkan tampilan CCTV pintu air dan siaga memberikan notifikasi terkait status siaga dan prakiraan cuaca Jabodetabek dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Pantau Banjir

Pantau Banjir merupakan aplikasi yang dirilis Pemprov DKI Jakarta pada 12 Februari 2017. Dalam aplikasi ini, warga bisa mendapatkan informasi ketinggian air di pintu air, operasional pompa air, sampai berbagai laporan dari pengguna aplikasi. Laporan ini termasuk status penanganan, lengkap dengan foto dan alamat serta ketinggian air.

Google Maps

Tak hanya berguna sebagai petunjuk jalan, aplikasi Google Maps juga bisa memberikan petunjuk daerah-daerah yang terendam banjir. Google Maps juga dapat memberikan rute perjalanan alternatif sehingga warga bisa menghindari area-area yang terkena banjir.

Qlue

Terakhir adalah Qlue, aplikasi multifungsi yang dapat melaporkan bencana/musibah/kerusakan dan lain sebagainya kepada user lain maupun pemerintah. Warga bisa melaporkan banjir yang terjadi di daerah sekitar rumah dengan aplikasi ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment