Ditanya soal Pilkada DKI 2024, Anies Sebut Fokus Jadi Capres Nasdem

idtheftquiz.org/ – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku, dirinya akan fokus pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 ketimbang gelaran Pilkada DKI.

Sebabnya, Partai Nasdem telah memberi kepercayaan ke dirinya untuk maju sebagai calon presiden (capres).

Pernyataan ini Anies sampaikan menjawab pertanyaan dari wartawan, apakah dia hendak maju sebagai Gubernur DKI kembali atau tidak pada Pilkada mendatang.

“Otomatis saya fokus untuk melaksanakan tugas yang sekarang diembankan. Fokus saya sekarang di situ dan itu akan menjadi perhatian full dari kami,” kata Anies di Nasdem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Anies mengaku merasa terhormat atas kepercayaan Nasdem yang diberikan ke dirinya. Dia juga kagum pada kerja-kerja partai pimpinan Surya Paloh tersebut.

Oleh karenanya, Anies mengaku siap bertarung dengan calon-calon lain pada panggung pilpres mendatang.

“Saya siap jalankan tugas ini,” ujarnya.

Sementara, Surya Paloh sebelumnya mengungkap, alasan partainya mengusung Anies sebagai capres adalah karena mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu dinilai yang terbaik.

Pikiran-pikiran Anies sejalan dengan apa yang diyakini Nasdem, baik secara makro maupun mikro.

“Kenapa Anies Baswedan? Jawabannya adalah why not the best? (mengapa tidak yang terbaik?),” kata Paloh.

Kendati demikian, Paloh tak mewajibkan Anies bergabung dengan Nasdem. Nasdem, kata Paloh, akan tetap mengusung Anies sebagai calon presiden sekalipun dia tak menjadi kader partai.

Anies juga dibebaskan memilih calon wakil presiden (cawapres) sendiri.

“Soal cawapres, kalau Nasdem, kita kasih otoritas kepada Bapak Anies,” kata Paloh.

Adapun dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang digelar medio Juni lalu, Nasdem mengumumkan tiga nama bakal capres yang akan mereka usung.

Selain Anies, ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Anies sendiri sebelumnya telah menyatakan dirinya siap mencalonkan diri sebagai presiden, hanya jika ada partai politik yang bersedia mengusungnya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment