Dampak Penyalahgunaan Iptek

idtheftquiz.org/ – emajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dapat menjadikan kehidupan menjadi lebih mudah. Tak hanya dalam melakukan aktivitas, iptek juga memudahkan dalam mendapatkan informasi.

Selain itu, kemajuan iptek juga membuat komunikasi lebih mudah dilakukan karena dapat dilakukan tanpa melalui tatap muka atau bertemu langsung.

Kemajuan iptek pun memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan manusia.

Akan tetapi, kemajuan iptek memiliki dampak negatif dengan munculnya berbagai permasalahan.

Kurangnya pengawasan dan kesadaran dalam menggunakan teknologi menjadi salah satu penyebab terjadinya masalah tersebut.

Dampak negatif penyalahgunaan iptek

Beberapa dampak negatif akibat penyalahgunaan iptek , yakni:

  • Bidang informatika: Dengan semakin mudahnya mendapatkan informasi melalui internet, maka kejahatan pun semakin banyak terjadi. Misalnya, pembobolan bank, penyebaran hoaks, dan lain-lain.
  • Bidang industri: Dengan kemajuan dalam bidang genetika dan biologi reproduksi, maka penyalahgunaan kloning atau rekayasa genetika yang melanggar kodrat semakin mungkin dilakukan.
  • Bidang ekonomi: Kompetisi yang ketat dalam era globalisasi membuat pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak memiliki kualifikasi sesuai kebutuhan terus bertambah.
  • Bidang sosial budaya: Terjadinya kemerosotan moral di masarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar, serta pola interaksi antarmanusia yang berubah menjadi lebih tertutup dan individualis.
  • Bidang lingkungan: Terjadi kerusakan lingkungan, misalnya akibat nuklir, polusi (udara, air, tanah, dan suara), efek rumah kaca, yang dapat berdampak pada gangguan kesehatan.

Referensi:

  • Marhayani, Dina Anika, dkk. 2020. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Klaten: Lakeisha.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment