Cuaca Ekstrem Diprediksi Landa Indonesia 9-15 Oktober 2022, 8 Provinsi Berpotensi Banjir 3 Hari ke Depan

idtheftquiz.org/ – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) mengungkapkan sebagian besar wilayah Indonesia akan menghadapi cuaca ekstrem pada periode sepekan ke depan, tepatnya 9-15 Oktober 2022.

“Analisis terkini bahwa kondisi dinamika atmosfer di wilayah Indonesia masih cukup signifikan berpotensi mengakibatkan peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah dalam sepekan ke depan,” ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers, Sabtu.

Potensi cuaca ekstrem ini meliputi hujan lebar yang disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi menimbulkan banjir di beberapa wilayah.

BMKG memprediksi cuaca ekstrem hujan lebat disertai kilat dan angin kencang bisa terjadi di 37 provinsi Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua.

Dwikorta juga mengingatkan bahwa dalam tiga hari ke depan, terdapat 8 provinsi yang berpotensi terdampak hujan lebat dengan kategori siaga, atau berpotensi banjir .

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara, wilayah tersebut antara lain di sebagian Aceh, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, dan Kalimantan Barat.

BMKG menjelaskan potensi terjadinya cuaca ekstrem ini merupakan hasil dari analisa dinamika atomesfer yang menunjukkan adanya sirkulasi siklonik.

Sirkulasi siklonik ini membentuk pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan.

Selain itu, aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti Madden Jullian Oscillation (MJO) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin.

“Interaksi fenomena itu secara tidak langsung dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan,” tuturnya.

Maka dari itu, BMKG mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mewaspadai ancaman cuaca ekstrem di seluruh wilayah Indonesia ini dalam satu pekan ke dapan.

BMKG menyediakan informasi lebih rinci hingga level kecamatan untuk potensi dampak hujan lebat tersebut. Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi itu bisa mengunjungi situs signature.bmkg.go.id .***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment