Cloud Makin Masif! Microsoft Ungkap Potensi Besarnya di RI

idtheftquiz.org/ – Perkembangan teknologi yang eksponensial membuka peluang pemanfaatan cloud computing di tengah masyarakat. Director National Technology Officer Microsoft Indonesia Panji Wasmana mengungkapkan potensi penggunaan cloud di tanah air sangat besar dan 95% pengembangan aplikasi yang ada telah berbasis komputasi awan ini.

“Pada 2025 semuanya akan berjalan berbasis cloud. Solusi yang kami beri semuanya dapat bantu para konsumen menjalankan bisnis yang baik,” kata Panji dalam CNBC Indonesia Tech Conference 2022, Rabu (12/10/2022).

Bukan hanya pengembangan aplikasi, cara kerja yang lebih fleksibel dengan model hybrid juga menjadi peluang Cloud Microsoft. Menurutnya saat ini konsumen telah melakukan berbagai inovasi unik dan meningkatkan pemanfaatan cloud.

“Ini culture baru. Ini tidak hanya berhenti di situ. Kami lihat ada kemunculan citizen developer, dan mulai banyak bergerak membuat aplikasi. Kami memiliki dimana rekan yang tidak punya background IT, bisa juga membuat (aplikasi),” ujarnya.

Meski memiliki peluang yang besar, Panji mengakui proses adopsi cloud masih cukup terbatas. Sebagian besar pengguna menurutnya masih belum ‘aware’ perihal tanggung jawab terhadap data yang dimiliki.

Padahal, sebagai pengguna dan pemilik data, menurutnya tetap harus bertanggung jawab. Ketidakpahaman terkait adaptasi dan tanggung jawab terhadap data ini menurutnya menjadi kendala pemanfaatan cloud.

“Ketika datang ke cloud provider paradigma yang muncul adalah tanggung jawab seluruhnya diserahkan pada provider, padahal tidak begitu. Ada share tanggung jawab terhadap data. Ketidakpahaman terkait bagaimana aplikasi teknologi ini menjadi adopsi sedikit tertahan,” kata Panji.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment