Cara Download dan Membuat Sendiri Widget iPhone Keren dengan Mudah

idtheftquiz.org/ – Sejak iOS 14 rilis dua tahun lalu, iPhone punya koleksi widget atau jendela mini aplikasi bawaan yang bisa dipasang pengguna di layar “Home”. Beberapa koleksi widget iPhone yang tersedia, antara lain seperti widget jam, widget baterai, dan lainnya.

Di iPhone, widgetwidget tersebut tersedia dalam beberapa pilihan bentuk, mulai persegi berukuran kecil, persegi berukuran besar, dan persegi panjang. Kendati disediakan berbagai pilihan bentuk, namun pengguna tak bisa membuat desain widget sendiri.

Bagi sebagian pengguna, desain widget iPhone bawaan itu mungkin tampak membosankan. Bila bosan dengan desain default, pengguna sebetulnya bisa membuat widget iPhone sendiri yang lebih keren. Lantas, bagaimana cara membuat widget di iPhone?

Membuat widget iPhone secara personal bisa dilakukan dengan memanfaatkan beberapa aplikasi pihak ketiga yang tersedia di App Store, salah satunya seperti Top Widget. Aplikasi ini memiliki berbagai pilihan desain widget iPhone keren yang dapat dikustomisasi.

Setelah membuat widget, pengguna bisa mengunduhnya (download) dan dipasang di layar iPhone. Sudah penasaran dengan cara membuat widget iPhone keren dengan aplikasi ini? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Cara membuat widget iPhone keren via Top Widget

Membuat dan download widget iPhone

  • Unduh dulu aplikasi Top Widget di . Setelah terinstal, silakan buka aplikasi tersebut.
  • Pada halaman awal aplikasi, pilih desain widget yang ingin digunakan. Misalnya, widget panel informasi umum mengenai iPhone.
  • Setelah dipilih, bakal muncul halaman pengaturan desain widget.
  • Di halaman itu, terdapat pilihan untuk mengubah warna dan gambar latar (background) widget.
  • Bila telah selesai membuat, silakan download widget iPhone tersebut dengan klik opsi “Save”.

Menambah widget di iPhone

  • Untuk menambahkan widget yang telah dibuat ke layar “home”, caranya ketuk dan tahan layar “Home” hingga ikon-ikon aplikasi bergetar.
  • Setelah itu, klik ikon tambah yang berada di pojok kiri atas layar “home”.
  • Kemudian, cari dan pilih widgetaplikasi Top Widget.
  • Saat widget aplikasi Top Widget telah ditambahkan ke layar “home”, ketuk dan tahan jendelanya hingga muncul menu pengaturan.
  • Di menu tersebut, pilih opsi “Edit Widget”.
  • Lalu, tambahkan widget yang telah diunduh sebelumnya di Top Widget.
  • Kini, widget iPhone keren berhasil dipasang di layar “home”.

Cukup mudah bukan untuk download widget iPhone buatan sendiri dan memasangnya di layar “home”? Sebagai informasi tambahan, cara di atas dilakukan pada iPhone dengan versi sistem operasi iOS 16.

Beda versi iOS mungkin bakal beda pula cara dan letak opsinya. Demikianlah penjelasan seputar cara membuat widget iPhone keren melalui aplikasi Top Widget dengan mudah, selamat mencoba.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment