Cara Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Aplikasi dengan Mudah

idtheftquiz.org/ – Setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan memiliki kartu fisik ( kartu BPJS Ketenagakerjaan ) yang berisi nama lengkap dan 11 digit nomor kepesertaan. Selain versi fisik, sebetulnya tersedia pula kartu BPJS Ketenagakerjaan versi digital.

Lalu, kartu digital BPJS Ketenagakerjaan tersimpan di mana ? Kartu BPJS Ketenagakerjaan digital umumnya bisa diakses lewat aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) di HP. Namun, bila lewat aplikasi dirasa cukup ribet, peserta juga dapat mengaksesnya via website.

Perlu diketahui, BPJS Ketenagakerjaan juga memiliki layanan online di website “ sso.bpjsketenagakerjaan.go.id ”. Peserta dapat mengakses website tersebut untuk mengakses berbagai layanan, termasuk cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Jadi, apabila kartu fisiknya hilang atau rusak, peserta masih bisa cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan versi digital tanpa aplikasi melalui website tersebut. Lantas, bagaimana cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi ?

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi dengan mudah, lewat website “sso.bpjsketenagakerjaan.go.id”.

Cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi

  • Kunjungi alamat website ini .
  • Bila belum punya akun, silakan klik opsi “Buat Akun Baru”. Lengkapi seluruh data diri yang diminta, beberapa di antaranya seperti alamat e-mail aktif, NIK, nama lengkap, nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan, dan sebagainya.
  • Setelah punya akun, silakan login di website “sso.bpjsketenagakerjaan.go.id”
  • Di halaman awal website, pilih menu “Kartu Digital” dan bakal muncul kartu BPJS Ketenagakerjaan versi digital.
  • Terakhir, tekan kartu tersebut, lalu pilih opsi “Simpan” atau “Download”. Kartu BPJS Ketenagakerjaan versi digital yang terunduh nantinya bisa dicetak sendiri.

Kartu BPJS Ketenagakerjaan sebaiknya dijaga supaya tak hilang atau diambil orang lain. Itu dikarenakan kartu tersebut punya fungsi yang sangat penting, yakni untuk mengakses berbagai layanan BPJS Ketenagakerjaan, seperti klaim jaminan dan pembayaran iuran.

Cukup mudah bukan cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi? Demikianlah penjelasan seputar cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi lewat website “sso.bpjsketenagakerjaa.go.id”.

Sebagai informasi tambahan, bila hendak cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan lewat aplikasi, caranya bisa dilihat lebih lengkap di artikel ini “ ”.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment