Cara Cek Nomor Kartu BPJS Ketenagakerjaan Online via Aplikasi JMO

idtheftquiz.org/ – PJS Ketenagakerjaan merupakan program jaminan sosial bagi seluruh pekerja di Indonesia. Untuk mengikuti program tersebut, masyarakat yang tergolong sebagai pekerja dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu sebagai peserta.

Setelah terdaftar, peserta bakal memperoleh kartu BPJS Ketenagakerjaan dalam bentuk fisik. Kartu tersebut berisi informasi identitas peserta, meliputi nama lengkap dan nomor kepesertaan yang terdiri dari 11 digit angka.

Dengan terdapat informasi itu, peserta wajib menjaga kartu BPJS Ketenagakerjaan miliknya agar tak hilang. Pasalnya, nomor BPJS Ketenagakerjaan yang tertera di dalam kartu tersebut memiliki fungsi yang sangat penting.

Nomor BPJS Ketenagakerjaan diperlukan peserta untuk mengisi data saat hendak mengakses berbagai layanan, seperti pembayaran iuran, mengeklaim jaminan, mengecek status klaim jaminan, dan sebagainya.

Sementara itu, selain tertera di kartu fisik BPJS Ketenagakerjaan, nomor kepesertaan yang terdiri dari 11 digit angka itu sebetulnya juga dapat dilihat pada kartu digital di aplikasi JMO (Jamsostek Mobile), secara online.

Jadi, seandainya kartu fisik hilang, peserta masih bisa cek nomor BPJS Ketenagakerjaan miliknya lewat kartu digital yang terdapat di aplikasi JMO. Lantas, bagaimana cara melihat nomor BPJS Ketenagakerjaan lewat aplikasi JMO?

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan soal cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan secara online via aplikasi JMO.

Cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan via aplikasi JMO

  • Bila belum pernah menggunakan aplikasi ini, unduh dulu JMO di (Android) atau (iOS). Setelah terinstal di ponsel, buka JMO dan login akun.
  • Jika belum memiliki akun JMO, silakan registrasi dulu dengan memasukkan beberapa data diri, termasuk data alamat e-mail dan nomor telepon yang aktif.
  • Setelah berhasil membuat akun dan login di JMO, klik menu “Profil Saya”.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Kartu Digital Anda”.
  • Terakhir, klik pada kartu digital yang tertera dan informasi nomor BPJS Ketenagakerjaan bakal bisa dilihat.

Cukup mudah bukan buat cek nomor BPJS Ketenagakerjaan secara online? Lewat aplikasi JMO, peserta jadi tak perlu lagi repot untuk membawa kemana-mana kartu fisik BPJS Ketenagakerjaan, sehingga bisa meminimalisir kehilangan.

Demikianlah penjelasan seputar cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan lewat aplikasi JMO dengan mudah, semoga bermanfaat.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment