Buntut Tragedi Kanjuruhan, Ketua Panpel Arema FC Jalani Pemeriksaan Hari Ini: Saya Menghormati

idtheftquiz.org/ – Dua tersangka Tragedi Kanjuruhan , yaitu Ketua Panitia Penyelenggara Arema FC , Abdul Haris dan Security Officer, Suko Sutrisno menjalani proses pemeriksaan oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Timur.

Keterangan tersebut disampaikan langsung oleh Abdul Haris saat tiba di Gedung Ditreskrimum Polda Jatim pada Selasa, 11 Oktober 2022, pukul 10.30 WIB.

Abdul Haris menegaskan bahwa ia hadir dalam pemeriksaan tersebut untuk menunjukkan bukti rasa hormatnya terhadap proses hukum tragedi Kanjuruhan.

“Saya menghormati proses hukum dan saat ini masih fokus pada pemeriksaan dan penyidikan,” katanya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara pada Selasa, 11 Oktober 2022.

Dalam kesempatan itu, Abdul Haris diketahui turut didampingi pula oleh dua kuasa hukumnya.

“Saya tiba di sini didampingi kedua pengacara saya, untuk selanjutnya sama kuasa hukum saya saja ya,” ujarnya.

Berbeda dengan Abdul Haris yang sempat menyampaikan keterangannya, Security Officer Suko Sutrisno justru tidak menanggapi soal pemanggilannya terkait kasus kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang tersebut.

Sebelumnya diketahui, Polri telah menetapkan enam orang tersangka terkait tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 131 orang tersebut.

Adapun, keenam orang tersangka tersebut di antaranya adalah Direktur Utama LIB Ahmad Hadian Lukita, Ketua Panitia Pelaksana Arema Malang Abdul Haris , dan Security Steward Suko Sutrisno.

Selain itu, Polri juga menetapkan tiga personelnya sebagai tersangka yakni, Kabag Ops Polres Malang Kompol Wahyu Setyo Pranoto, Kasat Samapta Polres Malang AKP Bambang Sidik Achmadi, dan Komandan Kompi Brimob Polda Jatim AKP Hasdarman.

Pihak Kepolisian pun telah melayangkan surat panggilan terhadap keenam tersangka tersebut. Meski demikian, baru ada lima tersangka yang akan menjalani proses pemeriksaan lanjutan oleh Polri pada hari ini.

Keterangan tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo. Ia mengatakan, dari lima tersangka yang diperiksa hari ini, Direktur Utama LIB Ahmad Hadian Lukita tidak masuk dalam daftar.

“Hari ini lima orang (tersangka) diperiksa lanjutan, untuk Direktur LIB diperiksa besok,” ucapnya.

“Direktur LIB sudah diperiksa, Rabu (12/10) pemeriksaan tambahan oleh penyidik,” tuturnya, melanjutkan penjelasan.

Sebagai informasi, sejumlah tersangka dari pihak sipil tersebut akan disangkakan dengan dengan Pasal 359 dan/atau Pasal 360 dan/atau Pasal 103 ayat (1) juncto Pasal 52 Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

Sementara itu, khusus untuk anggota Polri akan disangkakan dengan Pasal 359 dan/atau Pasal 360 KUHP.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment