BSU Tahap 6 Segera Cair, Buruan Cek Namamu di Sini!

idtheftquiz.org/ – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mengungkapkan penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) Tahap 6 masih menunggu data calon penerima dari BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek).

“Kami tunggu data dari BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi, Kamis (13/10/2022).

Dalam hal ini BPJS Ketenagakerjaan mendapat tugas menyortir data calon penerima yang menjadi peserta aktif hingga Juli 2022 dengan gaji di bawah Rp3,5 juta per bulan atau lebih rendah dari upah minimum di lokasi bekerja. Sementara itu hingga pekan ini, pemerintah telah menyalurkan BSU Tahap 1-5 dengan total penerima bantuan subsidi sebanyak 8.431.666 pekerja dari target 14,6 juta penerima.

Apabila, mengacu pada tahap 4 yang telah mencapai 8.168.987 penerima, artinya hanya sedikit penerima BSU tahap 5, yakni sekitar 262.679 penerima. Lebih lanjut, Anwar menyampaikan saat ini pihaknya belum dapat memastikan kapan data dari BP Jamsostek terkait penerima BSU tahap 6 dapat diterima

Kemenaker juga mengungkapkan telah menyisihkan 1,4 juta data pekerja yang memenuhi syarat sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No. 10/2022, tapi terkendala tidak adanya nomor rekening Bank Himbara (BNI, BRI, BTN, Mandiri). Untuk itu, setelah proses penyaluran melalui Bank Himbara, 1,4 juta pekerja yang telah terdata akan mendapatkan BSU melalui PT Pos Indonesia.

Sementara masih menunggu, para pekerja dapat mengecek apakah namanya terdaftar atau tidak melalui situs https://bsu.kemnaker.go.id/.

Berikut ini syarat dan cara cek penerima BSU 2022:

Syarat penerima BSU 2022:

1. WNI dibuktikan dengan KTP2. Peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan Juli 20223. Mempunyai gaji/upah paling banyak sebesar Rp3,5 juta atau pekerja buruh yang bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kab/kota lebih besar dari Rp3,5 juta maka persyaratan gaji tersebut menjadi paling banyak sebesar upah minimum kab/kota atau provinsi dibulatkan ke atas hingga ratusan ribu rupiah4. Dikecualikan untuk PNS dan TNI/Polri5. Belum menerima program

Cara Cek data Penerima BSU 2022:

1. Kunjungi situs https://bsu.kemnaker.go.id/2. Daftar akun Apabila belum memiliki akun, maka Anda harus melakukan pendaftaran. Lengkapi pendaftaran akun3. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda4. Login ke dalam akun Anda Lengkapi profil biodata diri Anda berupa foto profil, tentang Anda, status pernikahan dan tipe lokasi5. Cek notifikasi6. Setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi yang akan berisi mengenai status penerima subsidi upah, seperti terdaftar sebagai calon penerima BSU atau tidak terdaftar, serta menunjukkan memenuhi syarat atau tidaknya, bahkan notifikasi mengenai penyaluran dana kepada penerima bantuan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment